Kompas.com - 28/04/2022, 13:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai hari ini sudah memasuki arus puncak mudik Lebaran 2022. Titik-titik kemacetan mulai terjadi di berbagai ruas jalan, begitupun dengan pemberlakuan rekayasa lalu lintas.

Kemacetan akan menghambat kelancaran perjalanan mudik yang seharusnya menyenangkan karena akan segera bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman.

Oleh karenanya, sudah seharusnya titik-titik kemacetan dihindari pemudik, bagaimana caranya?

Baca juga: Contraflow Diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek Km 47 hingga Km 70

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, pemudik dapat menghindari kemacetan apabila melewati jalan non-tol karena selama ini titik-titik kemacetan banyak terjadi di jalan tol.

"Hindari jalan tol, jalan non-tol lancar. Kemarin sudah diujicoba, ketika tol macet non-tol lancar," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022).

Dia menganjurkan pemudik yang sudah terlanjur masuk ke jalan tol dapat langsung keluar melalui exit tol.

Kemudian bagi pemudik yang berencana melalui jalan tol, maka dapat mengubah rencana perjalanannya.

Menurutnya, ada jalan non-tol yang bisa menjadi alternatif jalur perjalanan pemudik seperti jalur Pantai Utara Jawa (Pantura).

Hal ini sesuai dengan imbauan pemerintah. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan Jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa, Lintas Pantai Utara (Pantura), dan Lintas Tengah Pulau Jawa sebagai jalur alternatif pemudik.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan juga mencatat sejumlah jalur alternatif, yaitu Cileunyi – Solokan Jeruk – Alun Alun Majalaya –Simpang 3 Cijapati – Rancasalak – Kadungora – Lingkar Leles – Cibatu – Pasar Bandrek – Malangbong - Tasikmalaya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.