BEI: "Buyback Greenshoe Saham" GOTO Hanya Boleh Dikuasai Selama 3 Tahun

Kompas.com - 29/04/2022, 07:30 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia sebagai agen stabilisasi harga GOTO telah melakukan buyback saham dengan nilai akumulasi 6,09 miliar saham atau 100 persen dari ketentuan yang diberlakukan pada harga Rp 293,24 per saham.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesi (BEI), jumlah saham yang dibeli sebanyak 75,4 juta lembar saham dengan total akumulasi saham 6,09 miliar lembar saham atau 100 persen, senilai Rp 2,04 triliun.

Baca juga: Saham GOTO Terjun Bebas, Kini Dijual Seharga Rp 270 Per Saham

Terkait hal tersebut, Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna mengungkapkan, opsi Greenshoe yang dipergunakan PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) hanya boleh ditahan kepemilikannya selama kurun waktu 3 tahun.

“Terkait dengan pengaturan saham yang dibeli kembali, sesuai pasal 37 ayat 4 UUPT, saham yang dibeli kembali oleh Perseroan hanya boleh dikuasai Perseroan paling lama 3 tahun,” kata Nyoman kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Baca juga: [ POPULER MONEY ] Jokowi Ralat Aturan Larangan Ekspor CPO | Saham GOTO Terjun Bebas | Penyebab Macet Parah di Pelabuhan Merak

Sebagai informasi, harga saham GOTO terus merosot, dan terakhir ditutup ambles 6,2 persen di level Rp 272 per saham, pada Kamis (28/4/2022). Perseroan juga telah memanfaatkan keseluruhan opsi Greenshoe dalam rangka menjaga agar pelemahan harga saham tidak terlalu dalam.

Mengacu pada prospektus GOTO, pada akhir periode stabilisasi, GOTO akan menerima saham yang dibeli di pasar sekunder jika harga saham emiten di pasar sekunder selama periode stabilisasi atau sampai dengan dihentikannya aktivitas stabilisasi, harga berada pada tingkat di bawah dengan harga penawaran.

Baca juga: Harga Saham GOTO Kini di Bawah Harga IPO, Menyusul Nasib Bukalapak?

Nyoman mengatakan, mitigasi Greenshoe telah lazim diterapkan di bursa-bursa negara lain. Beberapa Bursa yang umum memiliki skema Greenshoe pada saat IPO di antaranya Hong Kong Stock Exchange (HKEX) dan Bursa Amerika baik New York Stock Exchange atau Nasdaq.

“Sebagaimana Keterbukaan Informasi Perseroan pada tanggal 27 April 2022, stabilisasi sudah dilakukan seluruhnya, dimana transaksi tanggal 27 April 2022 memiliki harga rata – rata pembelian pada Rp 293,24 per saham,” ujar Nyoman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.