5 Tips Mudik Lebaran Hemat dengan Kendaraan Pribadi

Kompas.com - 29/04/2022, 08:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri identik dengan berkumpul bersama keluarga. Tak terkecuali bagi umat muslim yang tinggal di perantauan.

Tradisi untuk mudik atau pulang kampung sudah turun-temurun sejak dulu. Tujuannya, agar silaturahmi dengan keluarga besar tetap terjalin dengan baik.

Terdapat banyak pilihan transportasi untuk mudik ke kampung halaman, salah satunya adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Saat ini, berkendara sendiri menjadi lebih mudah karena keberadaan jalan tol di seluruh Indonesia yang membuat perjalanan jadi lancar.

Meskipun berkendara sendiri dinilai memakan biaya yang lebih sedikit, terkadang ada pengeluaran-pengeluaran tak terduga selama di perjalanan. Simak 5 tips mudik lebaran hemat dengan kendaraan pribadi berikut ini:

Baca juga: Mau Mudik? Simak Tips Ini agar Terhindar dari Kemacetan

1. Membuat anggaran

Membuat perencanaan anggaran selama perjalanan mudik maupun saat kembali ke perantauan, dapat membantu untuk mengukur kemampuan finansial kamu. Sehingga, kamu dapat terhindar dari keinginan untuk boros dengan membeli hal-hal yang tidak perlu.

Buat perkiraan biaya BBM, akomodasi, konsumsi selama perjalanan. Selama perjalanan, kamu harus konsisten dan berpatokan pada anggaran tersebut, agar pengeluaran untuk mudik sesuai dengan dana yang dipersiapkan.

2. Membawa bekal sendiri

Harga makanan di restoran maupun warung rest area dan rute perjalanan mudik, sering kali lebih mahal daripada harga normal. Maka dari itu, kamu bisa membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Pastikan makanan tersebut tahan lama selama perjalanan.

Selain hemat, membawa bekal sendiri juga lebih sehat dan higienis karena kita mengetahui proses memasaknya. Karena, makanan yang dijual di luar, belum tentu terjamin kesehatan dan kebersihannya.

Baca juga: Mudah, Ini 3 Cara Cek Tarif Tol Secara Online untuk Mudik Lebaran 2022

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.