Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

THR & Konsumtif

Kompas.com - 29/04/2022, 11:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Amalia Rachma Irfani & Meike Kurniawati, Fakultas Psikologi - UNTAR

TUNJANGAN Hari Raya Idul Fitri sudah dalam genggaman, pusat-pusat perbelanjaan juga sudah siap menyambut masyarakat yang hendak membeli kebutuhan Lebaran.

Siap memanjakan pengunjung dengan menawarkan banyak diskon, promosi, dll.

Tidak heran kalau pusat perbelanjaan menjadi sangat ramai, THR sudah di tangan, banyak diskon, tunggu apalagi.

Tidak ada yang salah dengan tradisi berbelanja masyarakat menjelang Lebaran. Mempersiapkan dan menyambut Lebaran bersama keluarga adalah hal yang sangat membahagiakan bukan?

Meskipun demikian, masyarakat harus hati-hati jangan sampai terjebak menjadi konsumtif.

Perilaku konsumtif adalah perilaku berbelanja secara berlebihan di luar batas kebutuhan, membeli tanpa mempedulikan kegunaan, hanya berdasarkan keinginan untuk membeli yang lebih baru, lebih banyak, dan lebih bagus.

Dapat juga diartikan dengan tindakan memakai produk yang tidak tuntas, yaitu membeli suatu produk dengan kegunaan atau jenis yang sama, tanpa memikirkan dari sisi keuangannya.

Perilaku konsumtif juga merupakan suatu tindakan pemakaian produk secara berlebihan, yaitu membeli produk lain dengan jenis dan kegunaan yang sama. Padahal produk yang dimiliki sebelumnya masih ada, belum rusak, atau masih bisa digunakan.

Ciri utama perilaku konsumtif adalah membeli berlebihan bukan karena kebutuhan melainkan karena memuaskan keinginan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.