Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Pintu Bagasi Terbuka Saat Akan Lepas Landas, Ini Kata Bos Garuda Indonesia

Kompas.com - 29/04/2022, 11:36 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia Tbk memastikan melakukan pemeriksaan lanjutan atas temuan pintu bagasi pesawat yang terbuka saat akan lepas landas di Bandara Internasional Juanda, Surabaya. Maskapai pelat merah ini pun tengah melakukan koordinasi dan evaluasi lebih lanjut secara internal.

Hal ini menyusul viralnya video di media sosial yang menunjukkan bagasi pesawat Garuda Indonesia terbuka saat akan lepas landas. Video itu diposting oleh pemilik akun Twitter @@wirandhika_25 dengan narasi meminta perusahaan untuk melakukan perbaikan, sebab menyangkut keselamatan banyak orang.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menatakan, peristiwa itu terjadi pada pesawat penerbangan GA 309 Rute Surabaya-Jakarta yang dijadwalkan terbang pada hari Rabu (27/4/2022) lalu pukul 11.25 WIB.

Baca juga: Garuda Indonesia Group Perkirakan Angkut 48.360 Penumpang Hari Ini

Kondisi pintu kompartemen kargo pada pesawat itu diketahui belum sepenuhnya tertutup ketika pesawat akan didorong mundur dari posisi parkirnya (push back) menuju area landasan (taxiway) sebelum lepas landas di Bandara Internasional Juanda.

"Garuda Indonesia saat ini tengah melakukan pemeriksaan lanjutan atas temuan kondisi pintu kompartemen kargo pada pesawat penerbangan GA 309 Rute Surabaya-Jakarta," ujar Irfan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/4/2022).

Selain itu, maskapai berpelat merah ini juga tengah melakukan koordinasi dan evaluasi lebih lanjut secara internal maupun bersama stakeholders layanan kebandarudaraan terkait temuan tersebut.

"Ini guna mengoptimalkan langkah dan upaya corrective action untuk mencegah peristiwa serupa terulang kembali," imbuhnya.

Irfan menjelaskan, penerbangan GA 309 Rute Surabaya-Jakarta sebelum lepas landas telah melakukan prosedur boarding secara normal sesuai dengan standar operasional yang berlaku. Namun, ketika pesawat bersiap untuk pushback, petugas avsec melihat terdapat pintu kompartemen kargo pesawat yang belum tertutup dengan sempurna.


Kondisi tersebut juga terlihat oleh pilot melalui indikator di cockpit yang kembali menyala dan menunjukan kompartemen pintu kargo yang belum tertutup rapat. Hal itu kemudian diteruskan ke petugas ramp check dan ground handling untuk dilakukan penutupan pintu kompartemen kargo pesawat sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Petugas juga turut melakukan pengecekan berulang dan menyeluruh, guna memastikan seluruh pintu pesawat sudah dalam kondisi tertutup dengan baik sebelum pesawat lepas landas.

Setelah teratasi, penerbangan GA 309 berlanjut dan telah mendarat dengan normal dan lancar di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 13.20 WIB. Irfan pun mengungkapkan, permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang pada penerbangan tersebut.

"Tentunya peristiwa ini menjadi evaluasi dan catatan penting bagi kami dalam memastikan tata kelola safety pada seluruh lini operasi berjalan dengan maksimal melalui berbagai inisiatif perbaikan layanan yang akan terus kami optimalkan ke depannya." pungkas dia. 

Baca juga: Panja DPR Sepakat Menyelamatkan Garuda Indonesia


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com