Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Penumpukan Kendaraan, Menhub Minta Sistem "First In First Out" Diterapkan di Pelabuhan Merak

Kompas.com - 29/04/2022, 14:42 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar kebijakan first in first out diterapkan di Pelabuhan Merak, Banten, untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan yang akan masuk ke kapal.

Lewat sistem first in first out, kendaraan yang telah memiliki tiket dengan jadwal keberangkatan lebih awal akan lebih dulu masuk ke kapal.

Menurut Menhub, penyebab penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak terjadi karena adanya kendaraan yang sudah berada di area parkir pelabuhan padahal jadwal keberangkatan kapalnya masih lama.

“Kemarin terjadi perebutan dulu-duluan masuk ke kapal, tidak sesuai jadwal yang ada. Sehingga orang yang harusnya jadwalnya sudah berangkat malah tidak bisa masuk kapal,” ujar Budi dalam keterangannya, Jumat (28/4/2022).

Baca juga: Pendaftaran Sekolah Kedinasan Berakhir Besok, STAN Masih yang Jadi Favorit Peminat

Dia mengimbau kepada masyarakat yang akan menggunakan transportasi laut untuk datang ke Pelabuhan Merak menyesuaikan dengan keberangkatan kapal.

Dia juga sudah meminta Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk memperbaiki tata kelolanya agar ke depannya dapat berjalan lebih teratur.

Lebih lanjut, Menhub telah meminta untuk dilakukan penambahan dermaga untuk mengurai kepadatan.

“Untuk truk-truk bisa diarahkan ke dermaga Pelindo (Indah Kiat). Kapal yang digunakan adalah kapal besar jadi sekali jalan bisa menampung sekitar 200 kendaraan,” ucapnya.

Baca juga: Mudah, Ini 3 Cara Cek Tarif Tol Secara Online untuk Mudik Lebaran 2022

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, akan melakukan penambahan 2 dermaga yaitu dermaga Pelindo (Indah Kiat) dan dermaga bjb. Penggunaan dua dermaga tersebut diharapkan akan memecah kepadatan di pelabuhan.

Dirjen Budi mengungkapkan, telah disiapkan tambahan tiga kapal yaitu dua kapal roro dan satu kapal laut. Untuk kapal laut (Atosim) akan bersandar di dermaga Pelindo (Indah Kiat) dengan rute Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Panjang, Lampung.

Baca juga: Jasa Raharja Imbau Masyarakat Mudik Lebaran dengan Transportasi Umum

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com