Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Dukung Digitalisasi Indonesia, Telkom Gandeng Microsoft Perkuat Kemitraan Strategis

Kompas.com - 29/04/2022, 17:26 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perseroan Terbatas (PT) Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Microsoft menandatangani kesepakatan kemitraan strategis.

Adapun kesepakatan tersebut mengenai akselerasi digitalisasi nasional Indonesia, memperkuat intelligent infrastructure, dan mempercepat transformasi digital TelkomGroup.

Dari sisi intelligent infrastructure, Telkom dan Microsoft akan berkolaborasi dalam pengembangan intelligent infrastructure nasional.

Adapun kerja sama yang dijajaki, misalnya meliputi penggunaan aset-aset infrastruktur Hyperscale Data Center Telkom untuk mendukung perjalanan transformasi digital Indonesia.

Bukan hanya itu, Indonesia akan menjadi basis kegiatan operasional data center region Microsoft. Hal ini telah diumumkan Microsoft pada tahun lalu.

Adapun kemitraan Telkom dan Microsoft merupakan kelanjutan atas nota kesepahaman yang telah ditandatangani keduanya pada Agustus 2021.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo mengapresiasi inisiatif kemitraan strategis yang terjalin antara Telkom dan Microsoft.

"Telkom dengan keunggulan infrastruktur dan layanan telekomunikasi yang tersebar di seluruh Indonesia hingga pelosok, serta Microsoft sebagai perusahaan teknologi global terkemuka dengan pengalaman dan kapabilitas digitalnya ini semoga dapat menjadi sebuah kombinasi yang sangat baik," ungkap Kartika dalam keterangan tertulis yang diterima oleh kompas.com, Jumat (29/4/2022).

Baca juga: Dukung Program Mudik Gratis, Telkom Berangkatkan 1.170 Pemudik ke 39 Kota

Hal ini dikatakan Kartika saat meresmikan kemitraan ini di kantor pusat Microsoft di Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS) minggu lalu.

Kartika berharap, dengan menggabungkan keunggulan dari dua perusahaan tersebut, diharapkan kemitraan ini akan memberikan layanan yang inovatif dan berdampak besar dalam mengakselerasi transformasi digital Indonesia.

"Kemitraan ini bertujuan untuk mendukung realisasi visi Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi digital pilihan utama, sekaligus mendukung inisiatif berdayakan Indonesia microsoft agar memajukan masyarakat dan memberdayakan ekonomi digital Indonesia," jelas Kartika.

Lebih lanjut, Kartika mengatakan, selain mengembangkan intelligent insfrasctructure, kemitraan ini mendukung Telkom serta anak usahanya untuk melakukan transformasi digital internal bersama Microsoft.

Baca juga: Five Bold Moves, Strategi Telkom untuk Jadi Digital Telco Kelas Dunia

Dalam aspek ini, Telkom akan mengakselerasi tingkat adopsi perusahaan terhadap layanan berbasis cloud dan lingkungan cloud yang aman, serta meningkatkan kompetensi melalui pelatihan dan sertifikasi Microsoft.

"Hal ini membantu TelkomGroup untuk meningkatkan produktivitas karyawan, mempermudah proses kolaborasi, mengotomasi proses kerja, meningkatkan costumer engagement, menciptakan inovasi, dan meningkatkan efisiensi kegiatan operasional secara aman," katanya.

Direktur Utama Telkom Ririek Ardiansyah mengatakan, membangun kemitraan bersama para tech giant merupakan salah satu inisiatif strategis Telkom dalam rangka penguatan portfolio, percepatan proses transformasi, serta meningkatkan kapabilitas digital Indonesia.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com