Posko Mudik Ini Sediakan Layanan Kesehatan hingga Servis Motor Pemudik

Kompas.com - 30/04/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dompet Dhuafa mengadakan Posko Mudik Terpadu Dompet Dhuafa 2022 di empat lokasi, salah satunya di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur.

Penanggung Jawab Pos Mudik Terpadu Dompet Dhuafa 2022 Parmuji Abbas mengatakan, posko mudik ini akan dibuka selama arus puncak mudik pada 28-30 April 2022.

Adapun empat lokasi Posko Mudik Terpadu Dompet Dhuafa 2022 tersebar di Nagrek jalan Raya Rancaengkek Garut, jalan raya Pantura, rest area kilometer 68 Serang arah Pelabuhan Merak, dan Terminal Pulo Gebang.

"Kita prediksi itu adalah puncak dari arus mudik, makanya kita adakan tiga hari. Arus baliknya kita tidak mengadakan," ujarnya di Terminal Pulogebang, Jakarta, Jumat (29/4/2022).

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Mahal, Kemenhub: Kemungkinan Penerbangan Transit atau Kelas Bisnis

Dompet Dhuafa mengadakan posko mudik tahun ini agar bisa digunakan sebagai tempat beristirahat bagi para pemudik di tengah perjalanan.

Selain itu, terdapat beberapa layanan yang dapat dimanfaatkan pemudik secara gratis, di antaranya layanan servis handphone, servis motor, pangkas rambut, periksa kesehatan, pijat, ruangan menyusui, pemberian takjil, dan pembagian makanan untuk balita.

Khusus untuk Posko Mudik Terpadu di Nagrek dan Pantura, pihaknya menyediakan area bermain anak-anak.

"Di Nagrek dan Pantura, kita ingin menyasar pemudik yang roda dua khususnya. Karena kalau orang yang berkendara roda dua dalam kondisi capek dan sudah lelah otomatis harus istrirahat," ucapnya.

Baca juga: Ini Lokasi SPKLU PLN di Tol Trans Jawa Saat Mudik Lebaran 2022

Posko Mudik Terpadu ini didirikan karena melihat euforia masyarakat untuk mudik di tahun ini cukup tinggi setelah dua tahun terakhir dilarang mudik oleh pemerintah.

Untuk itu, Dompet Dhuafa berupaya menyediakan pos mudik dengan berbagai layanan gratis, diharapkan para pemudik bisa pulang ke kampung halaman dengan aman, nyaman dan selamat.

"Semoga dengan adanya posko-posko mudik terpadu yang kita letakkan di beberapa titik memberikan kenyamanan, keamanan, dan kesehatan bagi para pemudik. Sehingga mereka berangkat dari kota sampai ke kampung halamannya dalam keadaan sehat walafiat," tuturnya.

Sebagai informasi, pada Kamis (28/04/2022), Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa sudah menyasar 67 penerima manfaat. Sementara paket nutrisi bayi, anak, dan ibu hamil maupun menyusui sudah menyasar 25 penerima manfaat.

Dari dukungan Institut Kemandirian Dompet Dhuafa dengan membuka layanan servis ponsel sudah memberikan layanan kepada 13 orang dengan beragam kerusakan.

Baca juga: Ini Daftar Nomor Telepon Penting saat Mudik Lebaran 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.