Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Contraflow" dan "One Way" Kembali Diberlakukan, Ini Lokasinya

Kompas.com - 30/04/2022, 14:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan sejumlah pengaturan lalu lintas mengantisipasi kepadatan pemudik yang akan meninggalkan Jabotabek pada H-2 Lebaran. Kondisi terkini, Sabtu (30/4/2022), pukul 13.30 WIB, Jasa Marga melakukan rekayasa contraflow dan one way (satu arah).

Contraflow diberlakukan dari Kilometer (Km) 47 sampai dengan Km 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak dua lajur.

Kemudian, pengaturan one way berlaku dari Km 70 GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek-Km 414 GT Kalikangkung.

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru melalui keterangan tertulis.

Baca juga: Lion Air Group Beri Penjelasan soal Harga Tiket Jakarta-Banda Aceh Capai Rp 9,6 Juta

Sebelumnya, Jasa Marga memberlakukan rekayasa lalu lintas one way pada Jumat (29/4/2022) pukul 23.00 WIB. Kebijakan itu berlaku dari Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek-Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

"Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah Jakarta) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta," jelasnya.

Sebagai alternatif menuju arah Jakarta, pengguna jalan dari arah Bandung dapat keluar melalui GT Sadang Jalan Tol Cipularang Km 76. Lalu melanjutkan perjalanan melalui jalan non-tol dan masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui GT Karawang Barat di Km 47.

Di titik yang sama tepatnya Km 76, pengguna jalan juga bisa mengakses jalur fungsional Sadang-Kutanegara Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sepanjang 8,5 km dan dilanjutkan dengan melewati jalan non tol sepanjang kurang lebih 20 km dengan satu-dua lajur. Setiap arahnya untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Karawang Barat di Km 47.

"Pengguna jalan juga diimbau untuk mengantisipasi ruas jalan tol yang terkoneksi dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, seperti perjalanan dari arah Bandung via Jalan Tol Cipularang yang menuju arah Jakarta, karena akan dilakukan penutupan GT Kalihurip Utama sebagai dampak pemberlakuan one way ke arah timur," sarannya.

Baca juga: Posko Mudik Ini Sediakan Layanan Kesehatan hingga Servis Motor Pemudik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com