Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mudik Pakai Kendaraan Listrik? PLN Siapkan Ratusan SPKLU di Jalur Mudik

Kompas.com - 01/05/2022, 21:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah menyediakan ratusan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

Dengan demikian, pemudik yang memiliki kendaraan listrik tak perlu ragu lagi membawa kendaraan listriknya ke kampung halaman

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya telah menyediakan 126 SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Ini untuk mengantisipasi adanya tren peningkatan penggunaan kendaraan listrik (saat mudik Lebaran 2022)," ujar Darmawan saat konferensi pers di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Minggu (1/5/2022).

Baca juga: Ini Lokasi SPKLU PLN di Tol Trans Jawa Saat Mudik Lebaran 2022

Dia melanjutkan, khusus untuk mudik Lebaran 2022, PLN sudah membangun SPKLU di sepanjang rest area di jalan tol Pulau Jawa. Terdapat SPKLU di 8 rest area di jalan Tol Trans Jawa.

Dia merincikan, SPKLU di Tol Trans Jawa ada di rest area kilometer (km) 519 A (Solo-Ngawi), rest area km 519 B (Ngawi-Solo), rest area km 389 B (Batang-Semarang), rest area km 379 A (Semarang-Batang), rest area km 626 B (Kertosono, Madiun), rest area km 207 A (Palikanci, Cirebon), rest area km 208 B (Palikanci), dan rest area km 6 (Jakarta-Cikampek).

"Monggo dipersilakan jika ada yang ingin mencoba mudik menggunakan kendaraan listrik, ini sudah kami siapkan," kata dia.

Baca juga: PLN Bangun SPKLU Ultra Fast Charging, Ini Komentar DPR

Para pemudik juga bisa memakai fasilitas SPKLU yang tersedia di kantor wilayah PLN di sepanjang Jawa. PLN saat ini sudah mengoperasikan lebih dari 126 SPKLU yang tersebar di 97 lokasi di 48 kota seluruh Indonesia.

"Jika para pemudik hendak jalan-jalan di kota singgah sekitar Tol Trans Jawa, pemudik EV bisa memanfaatkan SPKLU yang tersedia di kantor unit PLN," ucapnya.

Dia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mudik menggunakan mobil listrik dapat menggunakan fitur electric vehicle di PLN Mobile, untuk mengetahui lokasi SPKLU tersebut.

Baca juga: Mengenal SPKLU Ultra Fast Charging yang Diresmikan Jokowi, Isi Daya Kendaraan Listrik Cukup 30 Menit

Selain itu, PLN juga menyediakan 147 posko mudik yang ada di seluruh unit wilayah PLN. Khusus di Jamali, ada 44 posko. Sedangkan di Sumatera Kalimantan ada 96 posko dan di wilayah Sumalpana ada 7 posko.

"Kalau pemudik butuh tempat istirahat silahkan menepi di posko kami. Kami sediakan tempat istirahat bagi pemudik," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com