Waskita Toll Road Sebut Rest Area di Jalan Tol yang Dikelolanya Tidak Bikin Macet

Kompas.com - 02/05/2022, 19:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator jalan tol, PT Waskita Toll Road (WTR) mencatat total kendaraan yang melintasi beberapa ruas tol Trans Jawa milik perusahaan sebanyak 1,47 juta kendaraan selama periode mudik mulai H-10 sampai dengan H-2 Lebaran atau 22-30 April 2022.

Kendati demikian, Waskita Toll Road menyebut seluruh rest area di ruas-ruas tol yang dikelola tak menyebabkan kemacetan pada periode mudik Lebaran.

Direktur Utama Waskita Toll Road, Septiawan Andri Purwanto mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan badan usaha jalan tol lainnya dalam melaksanakan rekayasa lalu lintas. Seperti dengan mendukung pelaksanaan contra flow dan mengatur jumlah kendaraan yang berada di dalam rest area.

"Serta menyediakan tambahan sarana toilet agar tidak terjadi antrian yang panjang. Dari pantauan kami, seluruh rest area yang ada di ruas tol tidak ada yang menyebabkan kemacetan ruas tol," ujar Septiawan dalam keterangannya, Senin (2//5/2022).

Baca juga: Jasa Marga Catat 1,7 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Selama Periode Mudik

Berdasarkan data Waskita Toll Road, jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol Kanci-Pejagan sejumlah 564.886 kendaraan. Lalu di ruas tol Pejagan-Pemalang sebanyak 405.017 kendaraan, dan di ruas tol Pemalang-Batang sebanyak 389.222 kendaraan.

Sementara itu, pergerakan kendaraan di ruas tol Kapal Betung tercatat mencapai 119.299 kendaraan. Jumlah itu naik 20 persen jika dibandingkan dengan total kendaraan mudik di tahun 2019.

Melalui badan usaha jalan tol (BUJT) yang dimiliki, Waskita Toll Road juga menyiagakan lajur tambahan serta lajur khusus bagi pengguna jalan yang kurang saldo, beserta petugas keliling yang akan mengoperasikan mobile reader untuk memungut tarif dan mengecek kecukupan saldo. Selain itu, disediakan layanan isi ulang saldo dan penjualan kartu tol elektronik.

Baca juga: Erick Thohir: Makna Lebaran Kali Ini ialah Kebangkitan...

Tak hanya itu, untuk mencegah kepadatan lalu lintas, BUJT telah menambah rambu-rambu lalu lintas serta rubber cone untuk pelaksanaan contra flow. Disediakan pula armada patroli jalan tol, kendaraan derek, ambulance, serta kendaraan rescue untuk bertugas selama 24 jam.

BUJT juga bekerja sama dengan pengelola rest area setempat untuk memastikan kapasitasnya guna pelayanan dan fasilitas yang tersedia sudah memadai. Selain itu, dilakukan penambahan petugas kebersihan dan keamanan, serta pengetatan keamanan dan manajemen pengelolaan antrian untuk mengantisipasi ramainya pengunjung saat arus mudik.

Pada beberapa rest Area juga telah disediakan penambahan jumlah toilet dan unit SPBU. Saat ini, rest Area yang tersedia pada ruas tol Waskita Toll Road adalah Rest Area KM 228 A dan 229 B ruas tol Kanci-Pejagan, Rest Area KM 252 A, 275 A, 287 A, 294 B, 282 B, dan 260 B pada ruas tol Pejagan-Pemalang, Rest Area KM 338 A dan 319 B pada ruas tol Pemalang-Batang, dan Rest Area KM 360 B pada ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung.

"Untuk mempermudah akses informasi seputar ruas tol selama mudik, WTR telah menyiapkan aplikasi WTR Go yang menyediakan informasi mengenai lokasi rest area, info layanan tol, hingga CCTV ruas tol dan rest area," tutup Septiawan.

Baca juga: Lebaran 2022, Ini Pesan Menteri Basuki untuk Pegawai Kementerian PUPR

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.