Belajar dari Kasus Investasi Bodong, Ini yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Investasi Aset Kripto

Kompas.com - 03/05/2022, 13:00 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ramainya kasus investasi bodong yang terkuak dengan kerugian fantastis tentunya menjadi pembelajaran berharga terkait rencana investasi Anda kedepan. Jangan sampai kasus serupa menimpa Anda, dan ikutan tercebur ke dalam lubang yang sama.

Head of Growth Zipmex Indonesia, Siska Lestari mengatakan, walau kripto dikenal dengan tingkat volatilitas yang tinggi namun saat ini kripto menjadi salah satu instrumen yang paling diminati untuk investasi jangka panjang.

Baca juga: 3 Cara Trading Bitcoin yang Gampang bagi Pemula agar Cuan Maksimal

Hanya saja, sebelum berinvestasi pada aset kripto, investor tentunya perlu mempersiapkan diri, termasuk legalitas platform, risiko berinvestasi, hingga pengetahuan yang memumpuni terjun langsung.

“Pastikan bahwa aplikasi atau platform yang digunakan telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo),” tutur Head of Growth Zipmex Indonesia, Siska Lestari dalam siaran pers, beberapa waktu lalu.

Baca juga: 10 Saham Paling Cuan Sepekan, Ada Indosat hingga Bank Mandiri

Pastikan legalitasnya

Siska mengatakan, untuk menghindari aksi kriminal seperti penipuan investasi, masyarakan sangat penting untuk memastikan platform investasi yang teregulasi, resmi, dapat dipercaya dan menawarkan keamanan dalam berinvestasi.

Dalam berinvestasi di aset kripto, ada banyak jenis aset kripto yang bisa Anda pilih untuk berinvestasi seperti Bitcoin, Ethereum, Tether, atau USD Coin. Ragam aset kripto tersebut juga masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

“Oleh karena itu, investor harus memastikan memilih investasi yang sesuai dengan profil risikonya. Pastikan juga memilih jenis aset kripto yang tepat sesuai profil risiko,” tambah dia.

Baca juga: Bitcoin, Dogecoin, dan Etherum Melemah, Cek Harga Kripto Hari Ini

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.