Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Ikan Bandeng Jadi Primadona di Gresik, Pembudidaya Menangguk Untung

Kompas.com - 03/05/2022, 17:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri dan Lebaran adalah saat yang dinantikan bagi banyak orang. Tak terkecuali untuk pembudidaya ikan.

Besarnya permintaan pada saat hari raya seperti ini memberikan kesempatan kepada mereka untuk menangguk keuntungan. Pasalnya, pada beberapa daerah mengonsumsi ikan justru lebih populer dibandingkan makanan lain yang lazim ditemui saat Lebaran.

Misalnya di Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur, suasana Ramadhan dan Lebaran justru dinanti pembudidaya ikan, khususnya pembudidaya ikan bandeng. Pasalnya, di sana terdapat tradisi pasar bandeng.

Hal ini jadi lumrah mengingat mayoritas masyarakat Gresik biasa menjadikan ikan bandeng sebagai menu sajian khas pada perayaan Idul Fitri.

Baca juga: Menteri KKP Minta UMKM Kampung Bandeng Gresik Segera Tersertifikasi, Ini Alasannya

Bagi masyarakat Gresik, merayakan Lebaran dan Idul Fitri tanpa sajian ikan bandeng bagaikan makan sayur tanpa garam. Tak ayal, ini membuat permintaan ikan bandeng di Gresik selama Lebaran meningkat pesat.

Salah satu pelaku usaha budidaya ikan bandeng di kampung bandeng bandeng Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik Syaidullah Mahdi mengatakan, berhasil memanen ikan bandeng hasil budidayanya sebanyak 20 ton.

Ia menyebut, permintaan ikan bandeng pada Idul Fitri 1443 H ini sangat tinggi. Hal ini sontak membuat harga ikan bandeng merangkak naik.

"Harganya tinggi, sekarang bisa sampai Rp 30.000 per kg dengan ukuran sekitar 300 gram per ekor. Harganya naik, karena permintaannya tinggi. Apalagi sekarang banyak warga yang mudik, jadi sebelum ke rumah orang tua mereka di Gresik, pemudik belanja ikan bandeng dulu untuk sajian saat Idul Fitri,” kata Syaidullah Mahdi melalui keterangannya, beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Cerita soal Bisnis Bandeng Juwana Elrina Semarang yang Legendaris

Momen Ramadhan

Bagi pembudidaya ikan bandeng, Ramadhan menjadi salah satu momen terbaik untuk menjual ikan bandeng. Misalnya saat ini, harga ikan dapat menembus Rp 30.000 per kg.

Padahal biasanya, harga ikan sekitar Rp 25.000 per kg. Margin harga ini tentu menjadi berkah tersendiri bagi pembudidaya ikan bandeng di Gresik.

Tak sampai di sana, bukti kalau ikan bandeng merupakan komoditas utama saat Lebaran dan Idul Fitri juga tercermin dari adanya kontes bandeng kawak yang diadakan di kota ini.

Terakhir, kontes ini dimenangkan oleh Syaidullah Mahdi dengan bandeng sebesar 18,04 kg dan panjangnya 92 cm. Bandeng ini terbilang fantastis karena sekaligus juga menjadi rekor bandeng terberat se-Indonesia.

Bandeng milik Syaidullah ini jauh meninggalkan bandeng pesaing yang rata-rata beratnya hanya di kisaran 8 kg.

Baca juga: KKP: Enggak Perlu Ribut, kalau Daging Mahal Beralih ke Ikan, Stoknya Aman Sampai Lebaran...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com