APPBI Proyeksikan Jumlah Kunjungan Masyarakat ke Mal Meningkat 30 Persen Selama Lebaran 2022

Kompas.com - 04/05/2022, 21:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBBI) memproyeksikan jumlah kunjungan masyarakat ke mal meningkat selama perayaan Lebaran 2022, jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Ketua APBBI Alphonzus Widjaja mengatakan, jumlah kunjungan masyarakat ke mal diperkirakan naik sebesar 30 persen dibandingkan dengan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021 yang lalu.

Baca juga: Pemilik Mal Tunjungan Plaza adalah Orang Terkaya Surabaya, Siapa Itu?

"Sesuai dengan yang diperkirakan bahwa tingkat kunjungan pada saat Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2022 ini meningkat lebih tinggi sekitar 30 persen dibandingkan dengan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021 yang lalu. Umumnya kunjungan ke pusat perbelanjaan pada hari kedua Idul Fitri kemarin lebih tinggi daripada hari pertama Idul Fitri sebelumnya yang mana masyarakat lebih banyak berbelanja untuk kategori makanan dan minuman serta hiburan," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (4/5/2022).

Menurut dia, peningkatan kunjungan pada saat bulan Ramadhan dan lebaran tahun ini diharapkan nantinya dapat menjadikan rata-rata tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan pada tahun 2022 ini mencapai 70 persen-80 persen yang mana lebih baik dari tahun 2020 yang hanya mencapai 50 persen dan tahun 2021 yang hanya mencapai 60 persen dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Baca juga: Mal, Kafe dan Restoran di Wilayah PPKM Level 2 Diizinkan Beroperasi hingga Pukul 22.00

"Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini menjadi momentum penting yang menentukan bagi pemulihan kondisi usaha ditengah ketidakpastian global yang sedang dialami," kata Alphonzus.

Tak lupa Alphonzus juga mengimbau masyarakat agar disiplin protokol kesehatan.

Pun dengan booster. Dia mengatakan, percepatan vaksinasi termasuk vaksinasi booster harus terus didorong.

"Semua langkah ini adalah untuk meminimalkan kemungkinan resiko melonjaknya kembali jumlah kasus positif Covid - 19 setelah Ramadhan dan Idul Fitri yang jika terjadi maka akan mengakibatkan beban yang jauh lebih berat karena situasi perekonomian yang sedang dalam kondisi berat saat ini," pungkasnya.

Baca juga: Sejarah Sarinah, Mal Tertua di Indonesia yang Digagas Bung Karno

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.