Kompas.com - 05/05/2022, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - G20 atau Group of Twenty adalah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

Indonesia merupakan salah satu anggota G20. Pada tahun 2022 ini, Indonesia akan menunjukkan perannya dengan memegang Presidensi atau menjadi Tuan Rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Mandat ini dilaksanakan sejak 1 Desember 2021 dan akan berlangsung sampai dengan 30 November 2022. Dalam Presidensi G20 pertama ini, Indonesia mengambil tema "Recover Together, Recover Stronger".

Baca juga: PT Krakatau Posco Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan S1, Ini Persyaratannya

Lalu, apa sebenarnya keuntungan Indonesia menjadi bagian dari G20?

Dilansir dari kemenkeu.go.id, sebagai anggota forum G20, Indonesia bisa mendapatkan manfaat dari informasi dan pengetahuan lebih awal tentang perkembangan ekonomi global, potensi risiko yang dihadapi, serta kebijakan ekonomi yang diterapkan negara lain terutama negara maju.  Dengan demikian, Indonesia mampu menyiapkan kebijakan ekonomi yang tepat dan terbaik.

Selain itu, Indonesia juga dapat memperjuangkan kepentingan nasionalnya dengan dukungan internasional lewat forum ini. Tak sampai di sana, nama dan prestasi Indonesia juga semakin dikenal dan diakui oleh berbagai organisasi dan forum internasional.

Keikutsertaan Indonesia dalam G20 dapat membuat Indonesia memiliki keterlibatan dalam tata kelola global secara langsung. Indonesia juga berpotensi dapat mengantisipasi, beradaptasi, dan menjalankan secara cepat kesepakatan internasional.

Keanggotaan dalam G20 juga membuka peluang besar bagi Indonesia untuk belajar dan membandingkan pengalaman pembangunan dari negara-negara lain.

Baca juga: KKP ke Penyelundup Benih Lobster: Sudah Tobat Saja...

Selanjutnya, keterlibatan dalam G20 memberikan referensi dan tekanan internasional untuk mendorong terobosan domestik. Dalam forum G20, Indonesia menunjukkan peran dan keterlibatannya dengan selalu menerapkan hasil pertemuan G20. Lead by example.

Selain itu, Indonesia juga berperan dengan mengajukan beberapa inisiatif sebagai berikut:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.