Okupansi Harian Baru 70 Persen, Tiket Kereta Api untuk Arus Balik Masih Tersedia

Kompas.com - 05/05/2022, 17:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) masih menyediakan tiket kereta api jarak jauh untuk arus balik mudik Lebaran 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, tiket kerta api jarak jauh untuk keberangkatan 5-13 Mei 2022 masih tersedia karena okupansi rata-rata hariannya baru 70 persen.

"Rata-rata volume pelanggan KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu 84.823 per hari dengan okupansi rata-rata harian yaitu 70 persen," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Hingga H+2 Lebaran, KAI Kebanjiran Pelanggan Kereta Api

Dia melanjutkan, tiket kereta api untuk keberangkatan 9-13 Mei 2022 merupakan yang paling banyak tersedia untuk arus balik mudik di mana semakin jauh dari puncak arus balik tingkat ketersediaan tempat duduknya semakin banyak.

Rinciannya, untuk keberangkatan 9 Mei, PT KAI baru menjual 78.571 tiket sehingga tingkat keterisian tempat duduk kereta jarak jauh di hari tersebut baru 65 persen.

Untuk keberangkatan 10 Mei, baru terjual 63.192 tiket sehingga tingkat keterisian tempat duduk kereta jarak jauh di hari tersebut baru 52 persen.

Kemudian, pada keberangkatan 11 Mei, sebanyak 49.223 tiket terjual dengan okupansi 41 persen. Lalu pada 12 Mei sebanyak 35.444 tiket terjual dengan okupansi 29 persen.

Baca juga: Tiket Kereta Api Jarak Jauh Setelah Lebaran Masih Tersedia

Untuk keberangkatan 13 Mei, PT KAI baru menjual 39.828 tiket sehingga tingkat keterisian tempat duduk kereta jarak jauh di hari tersebut baru 34 persen.

"Adapun rute-rute yang tersedia juga masih beragam seperti Jakarta-Bandung pp, Jakarta-Semarang pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Yogyakarta, Bandung-Surabaya pp, dan lainnya," ucapnya.

Seperti diketahui, moda transportasi kereta api menjadi salah satu pilihan favorit pemudik khususnya di Pulau Jawa karena memiliki sejumlah keunggulan dibanding moda transportasi darat lainnya, yaitu bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman dan aman, serta mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Baca juga: Antisipasi Kepadatan di Stasiun, Menhub Imbau Pemudik Perhatikan Jadwal Keberangkatan Kereta Api

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.