Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik Masih Ada, KAI Daop 1 Jakarta: Kedatangan Penumpang dari Daerah Mulai Meningkat

Kompas.com - 05/05/2022, 20:20 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 1 melihat arus balik mudik Lebaran 2022 sudah mulai terjadi di transportasi kereta api.

Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah penumpang yang turun di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek pada hari ini, Kamis (5/5/2022).

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pada hari ini terdapat sekitar 38.400 penumpang yang akan turun di stasiun Daop 1 Jakarta.

Baca juga: Okupansi Harian Baru 70 Persen, Tiket Kereta Api untuk Arus Balik Masih Tersedia

"Untuk kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini sudah mulai terdapat peningkatan," ujar Eva kepada Kompas.com, Kamis (5/5/2022).

Di sisi lain, KAI Daop 1 Jakarta juga mencatat arus mudik masih terjadi di sejumlah stasiun tersebut. Secara total pada hari ini terdapat 28.700 penumpang yang berangkat dari seluruh stasiun di area Daop 1 Jakarta.

Khusus pada Stasiun Gambir, hari ini volume penumpang berangkat sebanyak 10.100 orang atau 58 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 17.600.

Sementara di Stasiun Pasar Senen, hari ini volume penumpang berangkat sebanyak 15.500 orang atau 73 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 21.300.

"Dari jumlah tersebut dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi," kata dia.

Baca juga: Hingga H+2 Lebaran, KAI Kebanjiran Pelanggan Kereta Api

Kendati demikian, jumlah penumpang yang berangkat hari ini tidak sebanyak saat arus puncak mudik pada 27 April-1 Mei kemarin, di mana okupansi penumpang yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen.

"Bagi calon pengguna yang masih akan mudik pasca lebaran dan baru akan memesan tiket dapat melakukan pengecekan ketersediaan jadwal dan bertransaksi melalui aplikasi KAI Access," ucapnya.

Sebagai informasi, 458.300 tiket kereta api telah terjual untuk keberangkatan 22 April-5 Mei 2022.

Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna di antaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Baca juga: Tiket Kereta Api Jarak Jauh Setelah Lebaran Masih Tersedia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com