Dollar AS Sentuh Level Tertinggi dalam 20 Tahun, Poundsterling Jatuh

Kompas.com - 06/05/2022, 08:45 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks dollar AS mencapai level tertinggi dalam 20 tahun terakhir terhadap mata uang global, pada Kamis (5/5/2022). Hal ini terjadi usai aksi jual saham di Wall Street secara besar – besaran, sehingga mendorong permintaan pada mata uang safe heaven.

Indeks dollar mencapai level 103,94, atau menjadi yang tertinggi sejak Desember 2002. Namun pada penutupan perdagangan Wall Street, indeks dollar terkoreksi tipis 0,9 persen dan kembali pada level 103,51.

Baca juga: Wall Street Terkapar Sehari Setelah Pengumuman Suku Bunga The Fed, Saham–saham Teknologi Rontok

Seperti diketahui, sehari sebelumnya Federal Reserve atau The Fed menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin, dan sekaligus melakukan pengetatan moneter. Wall Street jatuh sehari usai kebijakan The Fed diumumkan, dan para investor berbondong – bondong mengalihkan aset mereka.

Greenback turun pada hari Rabu, namun Wall Street ditutup menguat. Hal ini terjadi setelah Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan, pembuat kebijakan tidak mempertimbangkan kenaikan hingga 75 basis poin di pertemuan selanjutnya.

"Pasar mendukung keputusan Fed yang mengorbankan dolar karena membantu memadamkan kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga agresif yang mendorong ekonomi ke dalam resesi," Joe Manimbo, analis pasar senior di Western Union Business Solutions, mengutip CNBC.

Baca juga: Tekan Inflasi, Bank of England Ikuti The Fed Naikkan Suku Bunga Acuan 25 Basis Poin, Tertinggi dalam 13 Tahun

Manimbo juga mengatakan, indeks dollar kembali bangkit karena suku bunga akan naik dua kali lipat menjadi 1,9 persen pada bulan Juli nanti, dan berpotensi naik tiga kali lipat menjadi 2,7 persen pada akhir tahun.

“Pandangan hawkish yang solid yang membedakan The Fed dari saingan utamanya," tambah Manimbo.

Halaman:
Sumber CNBC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.