Ikut Wall Street, Harga Bitcoin Ambles 8,3 Persen, Cek Harga Kripto Hari Ini

Kompas.com - 06/05/2022, 08:50 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar aset kripto tampak suram pada pagi ini, Jumat (6/5/2022). Melansir Coinmarketcap pagi ini 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak di zona merah dalam 24 jam terakhir.

Nilai mata uang kripto paling redup adalah Cardano (ADA) yang ambles 14,34 persen pada level 9,78 dollar AS. Diikuti oleh Polkadot (DOT) di level 14,4 dollar AS atau terperosok 11,7 persen. Selanjutnya, Solana (SOL) di posisi 83,6 dollar AS atau melemah 10,7 persen.

Pelemahan juga terjadi pada Bitcoin (BTC) yang terjun 8,3 persen pada level 36.325 dollar AS. Kemudian, Ethereum (ETH) yang berada di level 2.731 dollar AS atau turun 7,14 persen. Dilanjutkan oleh Binance Exchange (BNB) yang terkoreksi 6,9 persen pada level 375,8 dollar AS.

Baca juga: Harga Kripto Melonjak Usai Pengumuman Kenaikan Suku Bunga The Fed

Aset kripto berlogo anjing, Dogecoin atau DOGE juga melemah 6,7 persen di level 0,12 dollar AS, dan disusul oleh Terra (LUNA) di level 81,61 dollar AS, atau melemah 5,06 persen.

Pagi ini Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) kompak melemah masing – masing naik 0,01 persen di posisi 1 dollar AS dan 0,9 dollar AS. Sebagai informasi USDT dan USDC merupakan mata uang kripto golongan stable coin atau jenis mata uang kripto yang dibuat untuk menawarkan harga yang stabil terhadap dollar AS.

Baca juga: [ POPULER MONEY ] Harga Kripto Melonjak | Market Cap GOTO Ambles Rp 77,8 Triliun | Isi BBM di Rest Area Dibatasi

Mengutip Coindesk, perdagangan kripto di hari Kamis dilanda kekhawatiran, setelah saham – saham AS pada perdagangan di Wall Street turun tajam. Ada potensi risk-off yang terjadi di antara pelaku pasar dan mendorong perubahan harga jangka pendek.

Bitcoin sebagai aset kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, sempat turun sebanyak 10 persen, sekaligus membalikkan kenaikan hari Rabu menuju 40.000 dollar AS. Penurunan Kamis adalah penurunan harga terbesar dalam dua bulan terakhir.

“Walau demikian penurunan volume penjualan Bitcoin tidak terlalu ekstrem dibandingkan dengan penurunan harga sebelumnya. Itu menunjukkan penurunan lebih lanjut mungkin terjadi. Indikator teknis menunjukkan penurunan lebih lanjut menuju zona support 30.000 sampai dengan 32.000 dollar AS,” seperti dikutip dari Coindesk.

Baca juga: Harga Bitcoin Melonjak 6 Persen Usai The Fed Umumkan Kenaikan Suku Bunga

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual mata uang kripto. Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual mata uang kripto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.