19 Investor “Bantu” Elon Musk “Beli” Twitter, Ada Investor-nya GOTO hingga Keluarga Raja Arab Saudi

Kompas.com - 06/05/2022, 09:20 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Bos kendaraan listrik Tesla, Elon Musk memperoleh 19 investor untuk membantunya mendanai akuisisi perusahaan sosial media Twitter senilai 44 miliar dollar AS. Komitmen 19 investor yang tergabung memperoleh komitmen pendanaan sebesar 7 miliar dollar AS.

Mengutip CNBC, perusahaan modal ventura Sequoia yang juga merupakan investor PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO), platform aset kripto Binance, hingga anggota keluarga kerajaan Arab Saudi ikut berkontribusi dalam pengambilalihan Twitter senilai 44 miliar dollar AS.

Berdasarkan pengajuan SEC, yang diterbitkan Kamis, Musk telah mendapatkan total dana dari para investor senilai 7,14 miliar dollar AS. Adapun rinciannya, Larry Ellison yang juga merupakan bos Oracle menyumbang 1 miliar dollar AS melalui Lawrence J. Ellison Revocable Trust. Ini sekaligus menjadikan Ellison sebagai investor terbesar yang diterima Musk.

Baca juga: Elon Musk Berhasil Dapat Pinjaman Rp 102 Triliun untuk Bayar Akuisisi Twitter

Dilanjutkan oleh Sequoia yang juga merupakan investor GOTO, dengan total dana yang diberikan senilai 800 juta dollar AS. Platform kripto Binance juga turut menyumbang senilai 500 juta dollar AS. Aksi Binance ini juga tidak lepas dari kecintaan Musk untuk berinvestasi pada aset kripto.

Perusahaan investasi lain yang mendukung tawaran Musk termasuk Qatar Holding, yang menyumbang 375 juta dollar AS, Fidelity dengan komitmen 316 juta dollar AS, hingga pangeran Saudi Alwaleed Bin Talal Abdulaziz Alsaud, yang berjanji untuk membeli 34,94 juta saham, senilai sekitar 1,7 miliar dollar AS.

Baca juga: Elon Musk Bakal Kenakan Tarif untuk Pengguna Twitter Tertentu

Komitmen baru ini akan membantu Musk untuk memotong pinjaman margin yang sebelumnya ia ambil dari 12,5 miliar dollar AS menjadi 6,25 miliar dollar AS.

Untuk lebih rincinya, simak 19 investor yang berkomitmen mendanai akusisi Twitter:

A.M. Management & Consulting 25 juta dollar AS

AH Capital Management, L.L.C. (a16z) 400 juta dollar AS

Aliya Capital Partners LLC 360 juta dollar AS

BAMCO, Inc. (Baron) 100 juta dollar AS

Binance 500 juta dollar AS

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.