Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

19 Investor “Bantu” Elon Musk “Beli” Twitter, Ada Investor-nya GOTO hingga Keluarga Raja Arab Saudi

Kompas.com - 06/05/2022, 09:20 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bos kendaraan listrik Tesla, Elon Musk memperoleh 19 investor untuk membantunya mendanai akuisisi perusahaan sosial media Twitter senilai 44 miliar dollar AS. Komitmen 19 investor yang tergabung memperoleh komitmen pendanaan sebesar 7 miliar dollar AS.

Mengutip CNBC, perusahaan modal ventura Sequoia yang juga merupakan investor PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO), platform aset kripto Binance, hingga anggota keluarga kerajaan Arab Saudi ikut berkontribusi dalam pengambilalihan Twitter senilai 44 miliar dollar AS.

Berdasarkan pengajuan SEC, yang diterbitkan Kamis, Musk telah mendapatkan total dana dari para investor senilai 7,14 miliar dollar AS. Adapun rinciannya, Larry Ellison yang juga merupakan bos Oracle menyumbang 1 miliar dollar AS melalui Lawrence J. Ellison Revocable Trust. Ini sekaligus menjadikan Ellison sebagai investor terbesar yang diterima Musk.

Baca juga: Elon Musk Berhasil Dapat Pinjaman Rp 102 Triliun untuk Bayar Akuisisi Twitter

Dilanjutkan oleh Sequoia yang juga merupakan investor GOTO, dengan total dana yang diberikan senilai 800 juta dollar AS. Platform kripto Binance juga turut menyumbang senilai 500 juta dollar AS. Aksi Binance ini juga tidak lepas dari kecintaan Musk untuk berinvestasi pada aset kripto.

Perusahaan investasi lain yang mendukung tawaran Musk termasuk Qatar Holding, yang menyumbang 375 juta dollar AS, Fidelity dengan komitmen 316 juta dollar AS, hingga pangeran Saudi Alwaleed Bin Talal Abdulaziz Alsaud, yang berjanji untuk membeli 34,94 juta saham, senilai sekitar 1,7 miliar dollar AS.

Baca juga: Elon Musk Bakal Kenakan Tarif untuk Pengguna Twitter Tertentu

Komitmen baru ini akan membantu Musk untuk memotong pinjaman margin yang sebelumnya ia ambil dari 12,5 miliar dollar AS menjadi 6,25 miliar dollar AS.

Untuk lebih rincinya, simak 19 investor yang berkomitmen mendanai akusisi Twitter:

A.M. Management & Consulting 25 juta dollar AS

AH Capital Management, L.L.C. (a16z) 400 juta dollar AS

Aliya Capital Partners LLC 360 juta dollar AS

BAMCO, Inc. (Baron) 100 juta dollar AS

Binance 500 juta dollar AS

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com