Rest Area Diberlakukan Buka-Tutup Selama Arus Balik, Terutama Saat "One Way"

Kompas.com - 06/05/2022, 09:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Related Business (JMRB) berkoordinasi dengan Kepolisian menerapkan sistem rekayasa buka-tutup di rest area selama arus balik mudik Lebaran 2022.

General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional JMRB, Meta Herlina Puspitaningtyas mengatakan, penerapan buka-tutup ini untuk mengurai kepadatan di dalam rest area.

Terutama jika sedang dilakukan rekayasa lalu lintas one way di ruas jalan tol untuk memaksimalkan efektivitas one way.

Adapun rest area yang diberlakukan buka-tutup adalah rest area yang berpotensi menimbulkan titik-titik kepadatan di jalan tol arah Jakarta.

"Atas diskresi Kepolisian, kami masih melakukan rekayasa buka-tutup rest area di jalan tol arah Jakarta secara situasional, terutama saat terjadi kepadatan di rest area selama rekayasa lalu lintas one way berlangsung," ujar Meta dalam keterangan tertulis, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Kebijakan Baru Rest Area Jalan Tol: Pengisian BBM Dibatasi, Ada Rekayasa Buka-Tutup, hingga Toilet Pria Jadi Toilet Wanita

Selain dengan pihak Kepolisian, JMRB juga akan berkoordinasi dengan mitra pengelola rest area dan Representative Office Jasa Marga terkait rekayasa buka-tutup rest area selama arus balik kali ini.

Pasalnya, selain rekayasa buka-tutup, JMRB juga melakukan sejumlah skema rekayasa arus lalu lintas di dalam rest area jika diterapkan sistem one way di ruas jalan tol.

Sebab, jika sedang diterapkan sistem one way di jalan tol, maka arus kendaraan di rest area pun otomatis berubah.

"Dengan adanya perubahan tersebut, kami telah melakukan antisipasi agar tidak terjadi kepadatan di dalam rest area," ucapnya.

Baca juga: Ada Bangunan Belanda hingga Modern, Ini 4 Rest Area Jalan Tol Trans-Jawa yang Punya Spot Instagramable

Dia menambahkan, saat penerapan sistem one way dan buka-tutup rest area, JMRB telah menambah penyediaan sarana perambuan, rubber cone, dan water barrier, serta menambah personel keamanan dan pengatur lalu lintas di rest area.

Dia juga mengimbau pengguna jalan untuk memanfaatkan waktu istirahat di rest area sesuai dengan kebutuhan, agar dapat bergantian dengan pengguna jalan lainnya.

Pengguna jalan juga diimbau untuk memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik agar memaksimalkan waktu istirahat di rest area.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.