Segera Daftar, Kuota Angkutan Motor Gratis Arus Balik Masih Tersedia

Kompas.com - 06/05/2022, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Ditjen Perhubungan Laut mengajak masyarakat, khususnya warga Surabaya dan Semarang, untuk memanfaatkan program balik gratis sepeda motor naik kapal laut. Program ini merupakan lanjutan dari mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Mugen S. Sartoto mengatakan, saat ini masih ada banyak kuota yang tersedia untuk dimanfaatkan masyarakat pengguna sepeda motor di masa arus balik.

"Bagi pemilik sepeda motor yang akan arus balik, lebih baik ikut kapal gratis, selain dapat menghindari kemacetan lalu lintas jalan raya juga dapat meningkatkan keselamatan perjalanan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Arus Balik Dimulai, Apakah Kemacetan akan Terjadi di Pelabuhan Bakauheni?

Ia menjelaskan, armada kapal yang digunakan untuk arus balik adalah KM Dobonsolo dan KM Ciremai, masih sama dengan kapal yang digunakan saat arus mudik.

Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan KM Ciremai adalah tanggal 9 Mei pukul 17.00 WIB dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tanggal 10 Mei 2022 pukul 15.00 WIB.

Sedangkan KM Dobonsolo berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada tanggal 11 Mei 2022 pukul 17.00 WIB dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada tanggal 12 Mei pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Ini Syarat dan Ketentuan Angkutan Motor Gratis dengan Kapal untuk Arus Balik Lebaran

Hingga saat ini, peserta arus balik gratis yang sudah terverifikasi untuk keberangkatan tanggal 9 Mei dari Surabaya berjumlah 57 motor dan 135 orang. Sedangkan untuk tanggal 11 Mei sebanyak 33 motor dan 62 orang.

Sementara itu, arus balik dari Semarang untuk keberangkatan tanggal 10 Mei 2022 yang terverifikasi berjumlah 613 motor dan 1.403 orang dan tanggal 12 Mei 2022 sebanyak 264 motor dan 589 orang.

"Artinya masih banyak kuota yang tersedia karena kapasitas masing-masing kapal mencapai 2.500 orang dan 1.250 unit sepeda motor," kata dia.

Baca juga: Rest Area Diberlakukan Buka-Tutup Selama Arus Balik, Terutama Saat One Way

Mugen mengungkapkan, para peserta arus balik gratis yang tidak sempat melakukan daftar online dapat melakukan pendaftaran langsung di pelabuhan keberangkatan yakni Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Tanjung Emas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.