Puncak Arus Balik, Rekayasa Lalu Lintas Diterapkan dari GT Kalikangkung hingga GT Halim Jakarta

Kompas.com - 06/05/2022, 19:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekayasa lalu lintas diterapkan dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung kilometer (km) 414 sampai Jakarta, mulai Jumat (6/5/2022) pukul 14.00 WIB hingga Minggu (8/5/2022).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kebijakan rekayasa lalu lintas ini ditentukan kepolisian sesuai kepadatan lalu lintas di lapangan.

"Ini merupakan upaya kami yang telah ditugaskan untuk mengawal mudik yang aman dan sehat, serta memberikan kebahagiaan dan kegembiraan bagi masyarakat yang sudah dua tahun tidak mudik karena pandemi," ujar Budi dalam keterangannya, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Tiket Kereta Api Arus Balik Masih Tersedia mulai Keberangkatan 9 Mei

Pada arus balik Lebaran 2022 diterapkan rekayasa lalu lintas berupa one way, ganjil genap, dan contraflow mulai dari GT Kalikangkung hingga GT Halim Jakarta.

Kakorlantas Firman menjelaskan, penerapan rekayasa lalu lintas akan diterapkan menyesuaikan dengan dinamika kondisi lalu lintas di lapangan sehingga sewaktu-waktu bisa berubah.

Dia mengimbau masyarakat yang terkendala dampak dari rekayasa lalu lintas ini dapat menggunakan jalur arteri dan memanfaatkan waktu malam hari untuk melakukan perjalanan.

"Kami mohon juga kepada masyarakat jangan menunggu di pintu-pintu tol yang dapat mengakibatkan kemacetan. Karena bisa saja penerapan rekayasa lalin akan diterapkan sepanjang hari," kata Firman.

Baca juga: Arus Balik Lebaran, 111.700 Penumpang Kereta Sudah Kembali ke Jakarta

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kerja sama masyarakat dalam berkendara dengan tertib juga diperlukan untuk menjaga agar arus balik lancar.

"Pada arus balik, biasanya kondisi sudah capek, jadi mesti hati-hati dalam berkendara," ucap Basuki.

Baca juga: One Way Akan Diberlakukan, Simak Rute Alternatif dari Jakarta Menuju Bandung dan Semarang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.