Aplikasi Ini Layani Konsultasi Hukum yang Bisa Disesuaikan dengan Bujet

Kompas.com - 09/05/2022, 17:50 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Digitalisasi yang semakin masif mendorong banyak developer untuk mengembangkan aplikasi yang memudahkan masyarakat mendapatkan kebutuhannya. Selain aplikasi e-commerce, layanan telekonsultasi juga tidak sepi peminat.

Saat munculnya pandemi Covid-19, layanan telekonsultasi di sektor kesehatan menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin mengakses kebutuhan medis tanpa harus ke rumah sakit. Saat ini, layanan telekonsultasi tidak hanya sebatas pada kebutuhan medis saja, namun ada juga layanan telekonsultasi hukum.

CEO Jago Hukum Christian Samosir mengatakan, pasar digital di Indonesia tumbuh subur seiring tuntutan masyarakat terhadap layanan yang sederhana, mudah dan efektif. Dia menjelaskan, ada peluang yang cukup besar dalam pengembangan aplikasi telekonsultasi, seperti layanan konsultasi hukum berbasis online.

Baca juga: Mobilitas Lebaran Naik 48,1 Persen, Pemerintah Imbau WFH hingga Beberapa Waktu ke Depan

Namun demikian, tentunya platform digital telekonsultasi juga perlu menyesuaikan dengan budget penggunanya. Dia mengatakan, di aplikasi Jago Hukum, para penggunanya bisa mendapatkan layanan konsultasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki.

“Mayoritas masyarakat saat ini buta hukum, dan kondisi ini diperparah dengan keengganan mereka untuk mencari bantuan dalam menghadapi masalah. Maka itu, konsultasi dibutuhkan supaya mereka tahu persis hak-hak dan kedudukannya dalam hukum,” kata Christian melalui siaran pers, Senin (9/5/2022).

Christian menjelaskan, potensi digital yang saat ini tengah banyak menarik minat masyarakat, dinilai merupakan peluang bagi aplikasi telekonsultasi seperti Jago Hukum untuk berkembang.

“Peluang ini dimanfaatkan oleh sekumpulan advokat dengan meluncurkan aplikasi jago hukum dengan menawarkan layanan konsultasi gratis. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan bantuan hukum sesuai kemampuan ekonomi,” ujar dia.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan layanan telekonsultasi gratis. Selain sebagai sarana edukasi masyarakat, telekonsultasi gratis juga diharapkan mampu menjawab kebutuhan akan informasi dengan cepat dan efisien.

“Masyarakat juga kini cenderung memilih cara-cara praktis dan efisien dalam memenuhi kebutuhannya. Enggak pakai ribet, begitu kira-kira,” jelas dia.

Baca juga: Tak Bayar THR Sesuai Ketentuan, 1.758 Perusahaan Diadukan ke Kemenaker

Untuk meningkatkan pelayanan prima, Jago Hukum juga membuka peluang bagi para praktisi yang ingin berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman mereka. Hal ini juga tidak terbatas pada advokat–advokat junior maupun senior, sehingga siapa saja bisa mendapatkan klien dengan mudah.

“Jadi bisa dikatakan ini seperti, marketplace layanan hukum. Kami membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para advokat, baik senior maupun junior untuk mendapatkan klien lewat persaingan sehat dan transparan,” ujar Christian.

Aplikasi Jago Hukum juga menggandeng Lembaga Bantuan Hukum Tridarma Indonesia yang telah berpengalaman di bidang advokasi masyarakat serta memiliki banyak cabang di Indonesia.

Selain konsultasi, Jago Hukum menyediakan layanan jasa pembuatan perjanjian, penerjemah yang telah disumpah, hingga pendampingan perkara. Dalam pengoperasiannya, Jago Hukum menyediakan beragam fitur, mulai dari percakapan interaktif hingga layanan melalui video call.

Baca juga: Saat Janji Menhub Gratiskan Tarif Tol Berujung Somasi...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.