Jasa Marga: Volume Lalu Lintas di Ruas Tol Luar Jawa Masih Tinggi

Kompas.com - 09/05/2022, 21:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNTRD) mencatat peningkatan volume lalu lintas di seluruh ruas tol luar Pulau Jawa pada 2-8 Mei 2022.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division Panji Satriya mengatakan, volume lalu lintas masih menunjukkan peningkatan signifikan di hari terakhir arus balik Lebaran 2022 atau 8 Mei 2022.

"Tercatat 36.200 kendaraan melintasi GT Tebing Tinggi, baik menuju maupun meninggalkan Kota Medan, meningkat 59 persen dibandingkan lalu lintas normal November 2021 sebesar 22.700 kendaraan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (9/5/2022).

Baca juga: Ini Dua Kunci Manajemen Lalu Lintas Jasa Marga Selama Libur Lebaran, Apa Saja?

Peningkatan volume lalu lintas terbesar terjadi di wilayah Kalimantan Timur, yaitu mencapai 110,5 persen di mana tercatat sebanyak 102.000 kendaraan melintasi ruas tol Balikpapan-Samarinda.

Kemudian, diikuti wilayah Bali di mana peningkatan signifikan terjadi di ruas tol Bali Mandara. Sebanyak 202.700 kendaraan melintas di jalan tol tersebut atau meningkat 89,7 persen dibandingkan lalu lintas harian normal.

Selanjutnya di Medan, tercatat 252.000 kendaraan melintasi ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, meningkat 75,7 persen dibandingkan lalu lintas harian normal yang sebanyak 143.400 kendaraan.

Namun di wilayah Medan, untuk ruas tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa justru terjadi penurunan volume lalu lintas sebesar 10 persen di mana hanya 483.400 kendaraan melintas di periode tersebut.

Baca juga: One Way Sepanjang Tol Semarang-Jakarta, Jasa Marga: Kami Mohon Maaf

Penurunan juga terjadi pada wilayah Sulawesi Utara, di mana hanya 38.600 kendaraan melintasi ruas tol Manado-Bitung. Angka ini turun 1,4 persen dibandingkan lalu lintas harian normal yang sebanyak 39.200 kendaraan.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah terlibat dalam pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2022, khususnya di ruas tol luar pulau Jawa.

Serta atas partisipasi aktif masyarakat dalam mematuhi aturan dan mengikuti arahan petugas di lapangan sehingga perjalanan mudik dan balik di jalan tol Jasa Marga dapat berlangsung aman dan nyaman.

Baca juga: Jasa Marga: 1 Juta Kendaraan Telah Kembali ke Jabotabek

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.