Sandiaga Uno: Selama Lebaran Perputaran Uang Mencapai Rp 72 Triliun

Kompas.com - 09/05/2022, 22:00 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, selama periode lebaran di tahun 2022 terjadi perputaran uang mencapai Rp 72 triliun. Hal ini dibuktikan dari padatnya kunjungan wisatawan ke destinasi–destinasi pariwisata saat libur lebaran tahun ini.

“Mudik setelah 2 tahun menghadapi pandemi menjadi peluang usaha di perkotaan, maupun di daerah, karena ada perputaran uang sekitar Rp 72 triliun. Destiansi wisata semua penuh, dan saya mendapat laporan bahwa jumlah wisatawan sangat besar dan ini sesuai dengan target kita,” kata dia dalam Weekly Press Briefing, Senin (9/5/2022).

Baca juga: Mudik Lebaran 2022, Diperkirakan Perputaran Uang Mencapai Rp 42 Triliun

Sandiaga Uno menambahkan, secara anekdotal, beberapa destinasi yang ramai pengunjung terjadi di kawasan wisata di Bali. Ia berharap dengan tingginya minat wisatawan berlibur ke Bali, bisa mendorong pulihnya sektor wisata di Bali serta membuka lapangan pekerjaan seluas–luasnya.

“Dari beberapa data yang kami kutip, beberapa destinasi wisata terutama di Bali kebanjiran kunjungan wisatawan, juga sekitar jalur mudik ini juga mengalami limpahan kunjungan dari wisatawan lokal,” tambah dia.

Dia memprediksi dengan tingginya kunjungan wisatawan ke Bali diprediksi jumlah uang yang beredar di pulau dewata mencapai Rp 250 miliar. Tak hanya itu kunjungan wisatawan ke lokasi wisata di Jakarta juga tidak kalah sepi, utamanya di destinasi wisata seperti Ancol, Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah.

“Uang yang beredar di sektor parekraf, salah satunya di destiansi wisata di Bali bisa mencapai Rp 250 miliar. Ini dampak ekonomi yang detail akan segera kami hitung, tapi dari kunjungan langsung dan pantauan di Ancol, Ragunan, dan TMII ini semua mengalami pengingkatan kunjungan,” jelas Sandiaga.

Baca juga: BI: Penarikan Uang Tunai pada Periode Ramadhan dan Lebaran 2022 Tembus Rp 180 Triliun

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini merinci, dari hasil monitoring tingkat kepatuhan protokol kesehatan dari 2 Mei 2022 hingga 8 Mei 2022 tercatat berada di angka 84,06 persen. Sementara untuk tingkat kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan sebesar 83,45 persen.

Di sisi lain, Sandiaga juga mendukung kebijakan pemerintah memberlakukan Work From Home (WFH) selama kurang lebih sepekan untuk mengatasi kenaikan kasus Covid-19 usai libur panjang lebaran, serta sebagai upaya relaksasi agar arus balik tidak terlalu penuh.

“Di sidang kabinet juga diusulkan agar WFH diperpanjang, dari antara 7–10 hari. Jadi surat edaran sekarang adalah seminggu ini. Tapi ada kemungkinan (diperpanjang). Kita menunggu arahan tentang WFH ini, dan di Kemenprkraf, kami minggu ini akan melakukan kebijakan WFH 50 persen,” ujar Sandiaga Uno.

Baca juga: Selama Mudik Lebaran 2022, Total Uang Kartal Beredar Sekira Rp 250 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.