Daftar Negara Uni Eropa yang Tidak Menggunakan Mata Uang Euro

Kompas.com - 10/05/2022, 07:47 WIB


KOMPAS.com – Secara mayoritas, mata uang yang berlaku di negara-negara Eropa adalah Euro. Kendati demikian, tidak semua negara di Eropa memakai Euro sebagai mata uang resmi di wilayahnya.

Perlu diingat, simbol mata uang Euro dilambangkan dengan tanda €. Adapun kode mata uang Euro yang berlaku secara internasional adalah EUR.

Dikutip dari laman resmi Uni Eropa european-union.europa.eu, negara yang menggunakan mata uang Euro meliputi 19 dari 27 negara Uni Eropa.

Baca juga: Daftar Negara yang Memakai Dollar AS sebagai Mata Uang Resmi

Artinya, terdapat 8 negara di Uni Eropa yang tidak memakai mata uang Euro sebagai alat tukar. Berikut ini ulasan mengenai daftar negara Uni Eropa yang tidak menggunakan mata uang Euro.

Penggunaan mata uang Euro

Laman resmi Uni Eropa menyebut, Euro adalah bukti paling nyata dari integrasi Eropa. Pasalnya, sekitar 341 juta orang menggunakan Euro setiap hari.

Hal ini menjadikan Euro sebagai mata uang kedua yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Manfaat mata uang bersama langsung terlihat jelas bagi siapa saja yang bepergian ke luar negeri atau berbelanja online di situs web yang berbasis di negara Uni Eropa lainnya.

Semua negara Uni Eropa adalah bagian dari Economic and Monetary Union (EMU). Meski demikian, baru 19 di antaranya yang telah mengganti mata uang nasional mereka dengan mata uang tunggal yakni Euro.

Baca juga: Daftar Negara yang Menggunakan Mata Uang Euro

Negara yang menggunakan mata uang Euro tersebut membentuk kawasan Euro, yang juga dikenal sebagai Zona Euro.

Ini meneguhkan, mata uang bersama negara-negara Eropa disebut Euro telah berlaku di negara-negara yang masuk Kawasan Euro.

Hal ini sekaligus mempertegas bahwa mata uang yang berlaku di negara-negara Eropa adalah Euro, khususnya di Kawasan Euro.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.