IHSG Pagi Langsung Anjlok 3 Persen Jauhi Level 6.900, Rupiah Mulai Bangkit

Kompas.com - 10/05/2022, 09:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa (10/5/2022). Hal ini berbeda dengan mata uang garuda yang menguat pada perdagangan pasar spot.

Melansir data RTI, pukul 09.06 WIB, IHSG berada pada level 6.695,84 atau turun 206,7 poin (3 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 6.909,75.

Sebanyak 62 saham melaju di zona hijau dan 402 saham di zona merah. Sedangkan 134 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 3,4 triliun dengan volume 2,8 miliar saham.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan, IHSG hari ini masih berpotensi melanjutkan pelemahan. Pelemahan IHSG akan dipengaruhi oleh tekanan aksi jual investor, yang mendorong terjadinya arus modal asing keluar dari pasar modal tanah air atau capital outflow.

Baca juga: 5 Saham Big Caps Ini Terjun Bebas Saat IHSG Jeblok, Apa Saja?

“Aksi ini memicu panic selling dan IHSG melemah signfikan menembus support psikologis 7.000 (kemarin). Tekanan jual mendorong outflow investor asing yang besar untuk pertama kalinya. Pelemahan diperkirakan berlanjut disertai dengan tekanan jual asing berikutnya, sektor yang diperkirakan paling tertekan adalah perbankan,” kata William, kepada Kompas.com.

Sementara Bursa Asia pagi ini mayoritas merah dengan penurunan Nikkei 1,13 persen, Strait Times 1,3 persen, dan Hang Seng Hong Kong 2,5 persen. Sedangkan Shanghai Komposit menguat 0,05 persen.

Adapun Wall Street pada penutupan pagi ini merah dengan penurunan Dow Jones Industrial Average (DJIA) 1,9 persen, dan S&P 500 sebesar 3,2 persen, dan Nasdaq Komposit 4,2 persen.

Rupiah

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini menguat.

Melansir data Bloomberg, pukul 09.11 WIB rupiah bergerak pada level Rp 14.554 per dollar AS, atau naik 18 poin (0,12 persen) dibanding penutupan sebelumnya di level Rp 14.572 per dollar AS.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.