Kominfo Gandeng Oracle Beri Pelatihan IT Masa Depan ke Ribuan Pendidik dan Mahasiswa

Kompas.com - 10/05/2022, 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng Oracle Academy untuk membekali mahasiswa dan pendidik (dosen) di 100 Institusi di Indonesia dengan Keterampilan IT Masa Depan. 

Inisiatif ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan komputasi inti untuk pekerjaan masa depan bagi 1.200 pendidik dan 15.000 mahasiswa di seluruh Indonesia selama 4 tahun ke depan.

Inisiatif ini bernama program Digital Talent Scholarship, Fresh Graduate Academy (DTS FGA).

Program DTS FGA adalah program peningkatan kompetensi di bidang TIK yang berfokus pada pemberian pelatihan kepada mahasiswa tingkat akhir dan lulusan baru universitas dalam kemitraan dengan organisasi teknologi terkemuka.

Baca juga: Pengusaha: Jangan ke Jakarta kalau Berijazah tapi Tak Punya Skill

 

Kerja sama dengan Oracle Academy Perjanjian tersebut dapat membantu Kominfo untuk menyediakan lulusan dengan keterampilan teknologi siap kerja dalam upaya meningkatkan kemampuan kerja mahasiswa dengan keterampilan digital yang mereka butuhkan untuk kesuksesan karir.

“Kami menyambut baik kesempatan untuk bermitra dengan Oracle Academy dalam mendukung Program Beasiswa Digital Talent, khususnya di Fresh Graduate Academy," kata kata Hary Budiarto, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kominfo RI melalui keterangannya, Selasa (10/5/2022). 

Baca juga: Cerita Kartini Zaman Now Hayyu Luthfi Jadi Data Analyst Traveloka: Kini Bidang IT Bukan Hanya untuk Laki-laki...

Mata kuliah berbasis IT

Menurut dia, mata kuliah yang berfokus pada teknologi Oracle adalah bagian dari kompetensi inti yang dibutuhkan oleh berbagai industri.

"Melalui Oracle Academy, kami berharap pendidikan ini dapat meningkatkan keterampilan dan kapasitas mahasiswa dan lulusan untuk menarik kesempatan kerja dan menjadi wirausahawan kelas dunia," lanjut Hary.

Baca juga: Riset Oracle, Orang Lebih Ingin Berbisnis dan Bekerja di Perusahaan yang Bertanggungjawab ke Masyarakat dan Lingkungan

Kolaborasi ini dapat memungkinkan pendidik untuk mengikuti teknologi dan perangkat lunak yang selalu berubah untuk membantu mempersiapkan siswa menghadapi masa depan mereka, memberdayakan mereka untuk memfasilitasi pembelajaran siswa yang inovatif di dalam dan di luar kelas.

Siswa dan pendidik akan memiliki akses ke kurikulum utama, termasuk Java Fundamentals, Java Foundations, Java Programming, Artificial Intelligence with Machine Learning in Java, Database & Design & Programming with SQL, Programming with PL/SQL, Oracle Application Express-Application Development Foundations, Oracle Cloud Infrastructure (OCI) Foundations I & II dan Primavera P6 Professional Project Management Fundamentals.

Baca juga: Batal Diblokir, Trump Setujui TikTok Dibeli Oracle

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.