Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Pastikan Harga Pangan Stabil Pasca-Lebaran 2022

Kompas.com - 10/05/2022, 17:07 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Bulog memastikan bahwa stok pasokan dan harga pangan, seperti daging beku, gula, dan komoditas lain, tetap stabil pasca-liburan Lebaran 2022.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengaku, dirinya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk menyiapkan stok komoditas pangan yang menjadi tanggung jawab Bulog untuk bisa selalu tersedia di masyarakat pasca-liburan Lebaran 2022 ini.

Baca juga: Bulog Jamin Ketersediaan Beras meski Terjadi Lonjakan Permintaan

“Bulog menjamin kebutuhan pangan yang tersimpan saat ini di gudang-gudang kami di seluruh Indonesia selalu tersedia di masyarakat dan kami akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersedian pangan tersebut,” ujar Budi Waseso saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Buwas, panggilan akrabnya, menyatakan, saat ini jumlah stok beras yang tersimpan di gudang-gudang Bulog seluruh Indonesia sebanyak lebih kurang 1 juta ton.

Stok ini, menurut dia, merupakan batas aman sesuai penugasan pemerintah, yaitu sebanyak 1- 1,5 juta ton.

Buwas juga mengatakan, karena masih masuk masa panen maka angka stok tersebut masih akan terus meningkat lantaran Bulog masih terus menyerap hasil panen petani.

Baca juga: Distribusi Minyak Goreng Curah Rp 14.000 ke Pasar Tradisional Jalan di Tempat, Ini Kilah Bulog

“Untuk komoditas utama yang kami kuasai yaitu beras jumlahnya sangat aman ada 1 juta ton, ditambah lagi saat ini Bulog masih melakukan pengadaan gabah beras petani di seluruh Indonesia dan hingga saat ini kami sudah menyerap sebanyak 256.000 ton. Jadi stok beras ini akan terus bertambah,” kata Budi Waseso.

Buwas menambahkan, pihaknya akan melakasanakan penugasan yang diberikan oleh pemerintah dengan maksimal.

“Dengan kekuatan sarana infrastruktur yang dimiliki oleh Bulog ditambah dengan pengalaman menyalurkan berbagai bantuan sosial makan Bulog siap menjalankan penugasan yang diberikan," kata Buwas.

Baca juga: Pemerintah Tugaskan Bulog Distribusikan Minyak Goreng Curah Murah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com