Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Pertamina Soal Kebakaran di SPBU Bandung Barat yang Bikin 6 Motor Dilalap Api

Kompas.com - 10/05/2022, 18:12 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menjelaskan kronologi penyebab terjadinya kebakaran pada SPBU 34.40528 yang berlokasi di Jalan Raya Sindangkerta, Gandok, Desa Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (10/9/2022) siang.

Kebakaran disebut terjadi karena percikan api yang berasal dari salah satu motor dan kemudian menyambar ke motor lainnya yang ada di sana, sehingga membuat 6 motor hangus dilalap api.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan mengungkapkan, insiden tepatnya terjadi pada pukul 12.30 WIB.

"Salah satu pengemudi terkendala pada starter motor dan terjadi percikan api dari motor tersebut, kemudian karena panik pengemudi melempar motor ke parkiran sehingga BBM tumpah dan api menyambar ke 6 motor," jelasnya dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (10/5/2022).

Baca juga: Kebakaran Terjadi di SPBU Bandung Barat, 6 Motor Dilalap Api

Ia mengatakan, saat ini api telah padam berkat kesigapan petugas di SPBU dan tidak berdampak terhadap fasilitas lainnya.

Meski demikian, SPBU 34.40528 untuk sementara waktu setop beroperasi guna pemulihan dan investigasi. Selanjutnya SPBU akan beroperasi kembali apabila telah dinyatakan siap dan aman.

Kebutuhan BBM masyarakat pun untuk sementara waktu dapat dilayani oleh SPBU atau Pertashop terdekat.

"Seperti di SPBU 34.40525 Karangtanjung, Kecamatan Cililin, dan Pertashop 3P.40514 Bongas Jalan Warung Awi, Kecamatan Cililin," ungkap Eko.

Ia menambahkan, jika masyarakat membutuhkan informasi seputar produk dan layanan Pertamina, dapat mengubungi Call Center 135

Baca juga: Update Kebakaran di SPBU Bandung Barat, 7 Kendaraan Dilalap Api, Bermula dari 1 Sepeda Motor Terbakar Usai Isi Bensin

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan KBB, Meidi mengatakan, api berhasil ditaklukan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang tersedia di area SPBU. Tidak ada korban jiwa maupun luka atas peristiwa tersebut.

"Perihal di Pom Gandok Sindangkerta, api sudah ditanggulangi sama karyawan pom menggunakan APAR. Ada kerugian materil berupa 6 kendaraan roda dua yang tersambar api," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com