Bahlil Dampingi Jokowi ke AS, Bakal Bertemu dengan Elon Musk?

Kompas.com - 10/05/2022, 20:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengikuti rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS Special Summit (AUSS), di Washington DC, Amerika Serikat.

Keikutsertaannya tersebut Bahlil unggah melalui postingan Instagramnya @balhlillahadalia. Dalam postingan itu turut serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Jokowi juga direncanakan akan bertemu dengan pengusaha-pengusaha di AS.

Baca juga: Luhut Ungkap Rencana Pertemuan Elon Musk dan Jokowi

"Insya Allah, dalam dua hari ke depan di US kami akan menemani Bapak Presiden dalam beberapa rangkaian pertemuan untuk membahas kesehatan, perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan, ekonomi, dan pengembangam SDM serta pendidikan, termasuk pertemuan dengan beberapa perusahaan Amerika Serikat," katanya dalam keterangan IG, Selasa (10/5/2022).

Bahlil berpendapat, Indonesia sudah semestinya berperan penting dalam mewujudkan perdamaian Indo-Pasifik.

"Sebagai negara yang besar, sudah seharusnya Indonesia berperan untuk menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang damai, sejahtera, dan memberikan stabilitas," ujarnya.

Pada pemberitaan sebelumnya, ditemui di Istana Negara, Jakarta pada Senin (9/5/2022) kemarin, Luhut memastikan Kepala Negara akan bertemu CEO Tesla Elon Musk di sela-sela kunjungannya ke Amerika Serikat.

Baca juga: Elon Musk Sambut Luhut di Pabrik Tesla, Bahas Baterai Kendaraan Listrik hingga Wacana Jokowi Kunjungi Space X

"Oh ya ketemu (Jokowi bertemu Elon Musk). Kita lagi atur ketemuannya mau di mana," ujar Luhut usai konferensi pers evaluasi PPKM.

Luhut mengungkapkan, tim dari Tesla sedang berada di kantornya untuk membahas sejumlah rencana kerja sama. Kemudian, pada Selasa, tim dari Tesla akan melakukan peninjauan lapangan tepatnya di Morowali, Sulawesi Tengah.

"Sekarang timnya Tesla ada di kantor saya sedang bicara, tadi makan siang, nanti makan malam, besok ke lapangan besok tinjau ke Morowali, ke mana-mana. Tadi mereka sangat puas dengan data yang mereka dapat sampai hari ini," sambung Luhut.

Baca juga: Saat Perubahan Sikap Elon Musk Bikin Luhut Penasaran...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.