Sri Mulyani Bakal Rombak Postur APBN 2022, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 11/05/2022, 12:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan akan melakukan perombakan pada postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun ini. Hal ini dilakukan sebagai upaya penyesuaian bantalan prioritas masyarakat karena pandemi Covid-19 sudah mulai melandai.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, perombakan ini akan dilakukan dalam dua bulan ke depan bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Implikasinya postur APBN-nya berubah, nah dalam dua bulan ke depan, kita akan bicara dengan dengan DPR, kita sudah bicara disidang kabinet bagaimana postur APBN di 2022 ini akan bergerak berubah,” tutur Sri Mulyani dalam B-Talk yang diselenggarakan Kompas TV, Selasa (10/5/2022).

Baca juga: Menhub Lantik 3 Eselon I, Dirjen Udara Jadi Sekretaris Jenderal

Adapun menurutnya, dalam dua tahun terakhir APBN difokuskan hanya untuk penanganan pandemi Covid-19. Baik itu dengan memberikan vaksinasi kepada masyarakat, biaya penanganan rumah sakit untuk pasien yang terpapar, dan juga bantuan untuk masyarakat yang terdampak dengan bantuan sosial (bansos) agar bisa meningkatkan belanjanya karena mobilitasnya dibatasi.

Akan tetapi, tahun ini akan ada sedikit penyesuaian. Menurutnya, belanja Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) memang akan tetap didominasi untuk memberikan bansos kepada masyarakat, tetapi kali ini dengan tujuan lain, yaitu dalam bentuk bantalan subsidi untuk mengurangi shock yang dahsyat dari perekonomian global.

Misalnya, kondisi global yang saat ini cukup berbeda, baik itu karena masalah umum ekonomi, inflasi global yang cukup tinggi, dan juga ekonomi yang terimbas akibat adanya perang antara Rusia dan Ukraina.

“Ini real dan dampaknya luar biasa. Ini menjadi risiko baru yang harus kita waspadai,” jelasnya.

Untuk itu, Lanjut Sri Mulyani, pemerintah akan terus berjaga-jaga dengan adanya tantangan ekonomi global ini karena juga bisa menghambat pemulihan ekonomi nasional ke depannya. (Reporter: Siti Masitoh | Editor: Tendi Mahadi)

Baca juga: Cerita Sri Mulyani Sempat Terpapar Covid-19 di Amerika Serikat

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Kasus Covid-19 Melandai, Sri Mulyani Akan Rombak Postur APBN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.