Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Selama 2021, Pyridam Farma dan PYFA Group Catatkan Peningkatan Penjualan 127 Persen

Kompas.com - 11/05/2022, 15:22 WIB
Sri Noviyanti

Editor


KOMPAS.com - PT Pyridam Farma Tbk dan entitas anaknya, PYFA Group, mencatatkan kenaikan penjualan bersih yang signifikan, yaitu 127 persen menjadi Rp 630,5 miliar pada 2021 dibandingkan 2020, yakni Rp 277,4 miliar.

Kenaikan tersebut dinilai melampaui target perseroan yang direncanakan naik minimal 50 persen dari tahun sebelumnya.

Adapun kontribusi terbesar penjualan bersih PYFA Group masih berasal dari produk farmasi dan maklon sebanyak 76 persen. Kemudian, 24 persen sisanya berasal dari produk kesehatan.

Pihak PYFA Group meneyebut, meski kontribusinya secara keseluruhan tak begitu besar, penjualan bersih produk kesehatan PYFA Group naik siginifikan hingga 308 persen atau empat kali lipat dari tahun sebelumnya.

“Selama 2021, penjualan dan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) naik dikarenakan perseroan melakukan banyak inovasi dari segi produk dan juga peningkatan efisiensi dari segi operasional,” ujar Direktur PYFA Group Yenfrino Gunadi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Hal itu, lanjut Yenfrinfo, memacu pihaknya untuk terus menghadirkan produk yang terbaik.

“Kami terpacu untuk memajukan industri healthcare di Indonesia,” tambahnya.

Peningkatan signifikan pada EBITDA selama 2021, kata dia, meningkat 85 persen dibandingkan 2020.

Ilustrasi pelanggan melakukan pembelian obat secara online.Dok Pyridam Farma Ilustrasi pelanggan melakukan pembelian obat secara online.

Sementara itu, rasio beban operasional terhadap penjualan bersih mengalami penurunan dari 48 persen pada 2020 menjadi 35 persen pada 2021.

Hal itu menandakan adanya peningkatan efisiensi biaya perseroan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ia menjelaskan, PYFA Group akan terus melakukan inovasi baru dengan bertambahnya produk innovator baru dan juga kerja sama dengan perusahaan farmasi lainnya seperti Mundipharma, Daewoong Pharma, dan Merz untuk menghadirkan produk unggulan guna memajukan industri healthcare di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com