KKP Beri Pinjaman Lunak ke Nelayan Korban Kebakaran Kapal di Cilacap

Kompas.com - 11/05/2022, 19:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan berikan bantuan pembiayaan untuk pemilik kapal yang mengalami kebakaran kapal di Dermaga Batre, Kawasan Pelabuhan Wijayapura, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, siap memberikan bantuan pembiayaan bagi para pemilik kapal untuk membangun kembali kapal-kapal perikanan yang hangus terbakar.

"Saya sudah bertemu dengan pemilik kapal. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah memberikan bantuan pembiayaan untuk pembangunan kembali kapal. Mudah-mudahan dalam enam bulan ini sudah bisa melaut kembali dan para ABK bisa bekerja kembal," kata dia dalam siaran pers, Rabu (11/5/2022).

Baca juga: 5 Fakta Kebakaran Kapal Nelayan di Cilacap

Ia menjelaskan, bantuan pembiayaan ini berbentuk pinjaman lunak melalui Badan Layanan Umum (BLU).

Sebagai informasi, BLU adalah instansi di lingkungan pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual.

BLU tidak mengutamakan mencari keuntungan dalam melakukan kegiatannya.

Baca juga: 54 Kapal di Cilacap Terbakar, Menteri KKP: Tak Ada Lagi Perbaikan di Pelabuhan

Dalam kunjungannya, ia menyoroti Standard Operational Procedure (SOP) dalam memperbaiki kapal perikanan. Dia mengimbau kepada pemilik kapal maupun ABK agar perbaikan kapal ke depannya benar-benar memperhatikan unsur keselamatan sehingga kejadian serupa tidak terulang.

"Di kemudian hari tidak boleh ada lagi perbaikan kapal di dermaga. Kapal kalau mau diperbaiki harus tidak ada bahan bakar dan dipisahkan dari kapal-kapal lain. Tapi yang paling penting sekarang ini sudah kejadian, bagaimana kita mengatasi ratusan ABK yang nganggur," terangnya.

Baca juga: Soal Temuan Limbah Tes Antigen di Selat Bali, Menteri KKP: Laut Bukan Keranjang Sampah

Peristiwa kebakaran kapal perikanan di Dermaga Batre terjadi pada Selasa 3 Mei 2022, saat sebagian besar masyarakat masih merayakan hari kedua Idul Fitri 2022.

Sebanyak 54 unit kapal ukuran di atas dan di bawah 30 GT hangus terbakar, satu korban mengalami luka bakar, dan lebih dari 500 ABK kehilangan pekerjaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.