Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Work-Life Balance ala Aiman Witjaksono

Kompas.com - 11/05/2022, 20:44 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Di masa yang kian kompetitif ini, manajemen waktu cukup sulit ditaati tiap orang. Konsistensi juga akan sulit diraih jika kita menjalankan perencanaan-perencanaan yang sudah dibuat tidak sepenuh hati.

Sering kali, buah dari itu semua adalah kualitas waktu yang hilang. Padahal, seharusnya bisa kita gunakan bersama orang-orang tersayang.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk dapat memenuhi work-life balance, yaitu usaha untuk menyeimbangkan pekerjaan dengan kehidupan personal. Kunci penting dari work-life balance adalah fleksibilitas pekerjaan.

Namun, sebagai jurnalis, dengan tenggat waktu yang ketat dan disiplin, tentu usaha menyeimbangkan waktu antara pekerjaan dan kehidupan adalah tantangan besar.

Aiman, seorang Jurnalis Kompas, membagikan kisahnya lewat siniar Aiman Witjaksono episode “Menjaga Keseimbangan Hidup dan Bekerja” di Spotify.

“Keseimbangan bukan hanya di pekerjaan kan ya, tapi di seluruh aktivitas hidup ini sangat penting. Kalau kita perhatikan nih seluruh yang ada di dunia ini pasti berpasang-pasangan,” ujar Aiman.

Akan ada dua sisi dalam setiap aspek kehidupan. Menurut Aiman, “Ini sebetulnya tanda bahwa kita harus memerhatikan keseimbangan.”

Baca juga: Hak Istimewa Jurnalis dari Kacamata Aiman Witjaksono

Mengatur Waktu sebagai Jurnalis

Bagi Aiman, semua kepala, baik dari yang paling besar, yaitu kepala negara dan yang paling kecil, yaitu kepala keluarga, sama-sama memiliki tanggung jawab besar yang harus ia pertanggungjawabkan kelak.

Wujudnya hanya bisa dipahami oleh diri sendiri karena nilai tiap individu berbeda-beda. Oleh karena itu, bagaimana seseorang memahami tugas pokok dan fungsi mereka sebagai seorang kepala adalah hal penting.

Untuk mencapai work-life balance, nyatanya kita harus memutus koneksi dengan pekerjaan setelah waktu bekerja berakhir, kecuali ada keadaan genting. Hal ini ditujukan agar kita bisa menikmati sepenuhnya waktu yang berharga dengan keluarga.

“Saya dan keluarga kebetulan sama-sama senang berdiskusi. Anak saya dua-duanya perempuan, dan oleh karenanya saya sangat senang dan saya selalu mencoba untuk memahami logika dan perasaan perempuan,” ujar Aiman.

Menurut Aiman, melalui sesi diskusi rutin bersama keluarga, nilai-nilai yang dipegang orangtua dapat tersampaikan dengan baik. Hal ini dapat menjadi bekal untuk anak-anak di masa depan.

Sebenarnya, apa pun profesi yang dijalani, masa stres dan jenuh pasti pernah dirasakan tiap orang terhadap pekerjaannya. Hal ini merupakan kondisi yang normal terjadi.

Namun, jika tidak segera diatasi, dikhawatirkan stres akan memicu burn out dan tindakan emosional yang bisa saja malah mengancam kehidupan personal.

Baca juga: Gaya Hidup Work Life Balance, Ini yang Perlu Kamu Ketahui

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com