Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Jabatan ASN yang Boleh Bekerja dari Mana Saja

Kompas.com - 12/05/2022, 09:19 WIB
Fika Nurul Ulya,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah bakal menerapkan pola kerja baru untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni bekerja dari mana saja (Work From Anywhere/WFA).

Nantinya, ASN dapat bekerja secara fleksibel dari mana saja dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Namun, tidak semua ASN menerapkan pola kerja baru ini.

Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara Satya Pratama, mengatakan, unit kerja yang bersinggungan langsung dengan pelayanan publik, dan yang tugas dan fungsinya menuntut kehadiran di kantor, tetap bekerja dari kantor (Work From Office/WFO).

Baca juga: Dimulai Hari Ini, Tjahjo Pastikan Pelaksanaan WFH ASN Tak Ganggu Layanan Publik

"Bagi ASN yang tugas dan fungsinya di unit kerja kalau yang bersinggungan langsung dengan publik dan yang membutuhkan kehadiran fisik tetap WFO," kata Satya kepada Kompas.com, Kamis (12/5/2022).

Satya lantas memberi contoh beberapa ASN yang tidak bekerja WFA. Mereka adalah tenaga medis, pemadam kebakaran, Satpol PP, awak kapal patroli Bakamla dan pengawas perikanan KKP.

Lalu, Traffic Warden, Polisi Hutan, petugas pemasyarakatan Kumham, dan lain-lainnya.

"Kan (mereka) harus hadir/WFO. (Namun) bagi ASN yang memiliki tugas dan fungsi yang sifatnya administratif, bisa (WFA)," beber Satya.

Baca juga: Menpan RB Sebut PNS Lanjut WFH Seminggu Mulai 9 Mei 2022

Kendati demikian, kata Satya, pola kerja baru ini masih dikaji lebih lanjut. Selain menentukan jenis pekerjaan yang bisa WFA, pihaknya perlu memastikan pula hak ASN tetap diterima meski WFA.

Intinya dia bilang, WFA diterapkan berdasarkan praktek WFO-WFH yang terbukti berjalan cukup adaptif dan berhasil selama pandemi Covid-19.

"Memang perlu dikaji, jangan sampai THP (take home pay/THP) berkurang, atau hak-hak yang seharusnya diterima jadi tidak gara-gara WFA. Oleh karena itu perlu dikaji lebih lanjut," tandas Satya.

Baca juga: Pejabat dan ASN Dilarang Gelar Open House Lebaran

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com