Kompas.com - 12/05/2022, 10:03 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga emas dunia menguat pada akhir perdagangan Rabu (11/5/2022)waktu setempat (Kamis pagi WIB), karena dollar AS tergelincir di tengah melambatnya pertumbuhan harga konsumen AS.

Mengutip CNBC, Kamis (12/5/2022), harga emas di pasar spot naik 0,8 persen menjadi di level 1.852,15 dollar AS per troy ounce. Sementara harga emas berjangka Comex New York Exchange naik 0,7 persen ke level 1.852,80 dollar AS per troy ounce.

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan indeks harga konsumen (IHK) AS naik 8,3 persen secara tahun ke tahun pada April 2022, atau sedikit lebih tinggi dari perkiraan yang sebesar 8,1 persen.

Baca juga: Harga Emas Antam Hari Ini Melonjak Rp 9.000 Per Gram

Namun, angka inflasi di April 2022 itu lebih rendah dari bulan sebelumnya, karena harga bensin turun dari rekor tertinggi yang sekaligus menunjukkan inflasi mungkin telah mencapai puncaknya.

Indeks dollar AS yang awalnya menguat di tengah data penantian data inflasi, kini menjadi turun sekitar 0,3 persen usai IHK dirilis. Pelemahan dollar AS itu membuat emas menjadi lebih menarik bagi investor.

"Emas telah bangkit kembali dengan pemikiran bahwa data (inflasi) lebih tinggi dari yang diperkirakan, tetapi tidak mengerikan," kata Tai Wong, seorang pedagang logam independen di New York.

Pejabat Ban Sentral AS atau The Fed sempat memperkuat argumen mereka untuk melakukan rangkaian kenaikan suku bunga dengan agresif untuk menekan tingginya inflasi.

Emas memang dianggap sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakpastian ekonomi. Namun, emas sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, sebab meningkatkan peluang kerugian memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Kenaikan suku bunga yang juga berimbas pada penguatan nilai mata uang dollar AS dapat mengurangi minat investor pada emas. Lantaran, penguatan dollar AS akan membuat harga emas menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lain.

Baca juga: Rincian Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, dari 0,5 Gram hingga 1 Kg

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.