Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permudah Warga, Disdukcapil DKI Gandeng Gojek Layani Pengiriman Dokumen

Kompas.com - 12/05/2022, 19:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gojek bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi DKI Jakarta mengintegrasikan platform aplikasi Akses Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan Cepat dan Akurat (Alpukat Betawi) dengan layanan pengiriman instan GoSend dan solusi payment gateway Midtrans.

Kini dengan integrasi layanan pengiriman on demand GoSend dan Alpukat Betawi, warga DKI bisa langsung memesan layanan GoSend Instant maupun Sameday di aplikasi Alpukat Betawi untuk pengiriman dokumen KTP dan KIA yang telah diterbitkan Disdukcapil DKI Jakarta.

Baca juga: Siap-siap, Akses NIK Akan Dikenakan Tarif Rp 1.000

Kepala Disdukcapil Provinsi DKI Jakarta Budi Awaludin menuturkan, setiap warga DKI membutuhkan layanan kependudukan yang cepat dan efisien. Sejak bulan lalu, cetak KTP dan KIA dapat diselesaikan dalam 15 menit dari sebelumnya sekitar 1 jam.

Terobosan pencapaian layanan ini perlu terus ditingkatkan, salah satunya melalui upaya kerja sama dengan ekosistem Gojek.

"Saya yakin integrasi ini membuat pelayanan kami lebih optimal dan transparan karena pendataan semua layanan telah terpusat pada satu aplikasi, dan akan meningkatkan kepuasan warga DKI terhadap layanan pemerintah, karena tujuan utama kami adalah memberikan pelayanan yang menyenangkan dan membahagiakan untuk masyarakat sehingga terwujud pelayanan yang mudah, cepat, akurat, dan tuntas," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Cara Cek NIK KTP secara Online Tanpa Harus Datang ke Kantor Dukcapil

Berdasarkan data Disdukcapil DKI Jakarta, jumlah penduduk DKI Jakarta sebanyak 11.261.595 jiwa dan telah memproses sekitar 350.000 dokumen kependudukan melalui platform Alpukat Betawi sepanjang 2021.

Jamin keamanan dan kerahasiaan dokumen

Ia memastikan keamanan, kerahasiaan, dan ketepatan dokumen, nomor registrasi dan informasi mitra GoSend yang akan tercatat dalam sistem Disdukcapil. Dokumen yang akan dikirimkan lanjut dia, dimasukan ke dalam amplop yang bersegel.

Kemudian, petugas Disdukcapil akan mencocokan nomor dokumen dan nomor order pengiriman pada saat pick up.

Warga DKI Jakarta yang memesan layanan GoSend untuk pengurusan dokumen kependudukan melalui aplikasi Alpukat Betawi akan langsung mendapatkan diskon ongkos kirim maksimal sebesar Rp 6.000 untuk periode 12-26 Mei 2022.

Baca juga: Dukung Pelaku Usaha Jadi #BestSeller, GoSend Luncurkan Ragam Inovasi pada 2022

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com