Jumlah Penumpang KA di Jakarta Meningkat Hampir Dua Kali Lipat Jelang Libur Waisak

Kompas.com - 13/05/2022, 15:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta mencatat peningkatan jumlah penumpang jelang libur Hari Raya Waisak.

Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, peningkatan volume keberangkatan penumpang hampir dua kali lipat dibanding Kamis (12/3/2022).

"Pada hari ini, Jumat 13 Mei 2022 secara total terdapat 31.200 pengguna kereta api jarak jauh yang berangkat," ujarnya kepada wartawan, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: Aktivitas Masyarakat Naik, Laba Bersih Jasa Marga Melonjak 142,7 Persen

Dari jumlah tersebut, sekitar 13.000 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir atau 76 persen dari total tempat duduk yang tersedia dengan layanan 35 kereta api yang beroperasi.

Sementara itu, 15.500 pengguna berangkat dari Stasiun Pasar Senen atau 72 persen dari total tempat duduk yang tersedia dengan layanan 29 kereta api yang beroperasi.

Sisanya merupakan pengguna yang berangkat dari Stasiun Bekasi, Jakarta Kota, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

Adapun kota tujuan yang banyak dipilih pengguna di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Solo, Kutoarjo, Kebumen, Semarang, Tegal, Malang, Cirebon, dan Bandung.

KAI mengingatkan penumpang kereta api jarak jauh yang akan berangkat agar memperhatikan kembali persayaratan perjalanan kereta api untuk menghindari resiko batal berangkat karena tidak memenuhi persyaratan.

Baca juga: 2 Tips Sebelum Work From Bali agar Dompet Tak Jebol

Berikut persyaratan lengkap perjalanan dengan kereta api yang berlaku sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 49 Tahun 2022:

1. Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.