Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSI Buka Cabang di Dubai, Prospek Perbankan Syariah Makin Cemerlang

Kompas.com - 14/05/2022, 19:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peresmian Kantor Perwakilan Bank Syariah Indonesia (BSI) di Dubai International Financial Center (DIFC) Persatuan Emirat Arab (PEA) menandai babak baru sejarah sektor keuangan Indonesia.

Duta Besar RI untuk PEA, Husin Bagis menyampaikan, kehadiran BSI di DIFC Dubai merupakan langkah tepat bagi BSI untuk go global karena Dubai telah menjadi hub sektor keuangan dunia.

"Kami berharap kehadiran BSI semakin memperkuat kerja sama bilateral kedua negara, khususnya di lanskap sektor keuangan," kata Husian dalam siaran pers Sabtu (14/5/2022).

Baca juga: BSI Go International, Buka Kantor Cabang di Dubai

Sebagaimana diketahui, BSI dibentuk dengan tujuan untuk memperkuat dan mengembangkan ekosistem ekonomi syariah dan industri halal Indonesia bekerja sama dengan berbagai institusi syariah lain, baik korporasi, perbankan, ritel, UMKM, bahkan organisasi kemasyarakatan.

“Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia sudah selayaknya memiliki performa keuangan syariah yang kuat. BSI di Dubai diharapkan dapat menjadi daya tarik bisnis dan menjadi daya ungkit untuk membangun ekosistem perbankan syariah Indonesia yang lebih baik,” tambah dia.

Baca juga: Hingga Maret 2022, BSI Salurkan Pembiayaan Sebesar Rp 177,5 Triliun

Peresmian Kantor Perwakilan BSI di DIFC Dubai ini juga diharapkan dapat memberikan gambaran bahwa Indonesia, yang saat ini sedang menjabat sebagai Presiden G20, terus menunjukkan kinerja keuangan dan perbankan yang baik.

“Ini merupakan media untuk menyampaikan pesan bahwa Indonesia terus berkomitmen untuk pemulihan ekonomi melalui berbagai sektor, khususnya sektor keuangan syariah,” tambah dia.

Saat ini Indonesia dan PEA menikmati hubungan bilateral yang sangat hangat dan kuat di berbagai sektor, termasuk hubungan yang baik antara para pemimpin kedua negara. Dalam hal kerja sama investasi, PEA telah menyepakati komitmen investasi yang signifikan untuk Indonesia sebesar total 42,7 miliar dolar AS.

Baca juga: Naik 33,18 Persen, Dalam 3 Bulan BSI Raup Laba Rp 987,68 Miliar

Komitmen tersebut tersebar di berbagai sektor, antara lain sektor infrastruktur, minyak dan gas, energi terbarukan, kesehatan, teknologi digital, industri pertahanan dan pengembangan pertanian.

“Untuk itu kita berharap adanya Kantor Perwakilan BSI di Dubai ini dapat memperluas kerjasama dengan entitas di PEA, dan bahkan dengan mitra lebih luas di wilayah Timur Tengah ke depannya” tegas Husin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com