Jokowi: Elon Musk Sangat Tertarik Datang ke Indonesia

Kompas.com - 15/05/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya bertatap muka langsung dengan CEO Tesla Inc, yang juga pendiri Space X, Elon Musk di Boca Chica, Amerika Serikat, pada Sabtu (14/5/2022).

Dalam pertemuan itu, Jokowi mengundang Elon Musk untuk datang ke Indonesia.

"Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia," kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Minggu (15/5/2022).

Merespons ajakan Jokowi, Elon Musk mengatakan akan berkunjung ke Tanah Air pada November tahun ini.

Baca juga: Nasib Garuda Indonesia dan Kunjungan Presiden Jokowi ke AS

"Mudah-mudahan di bulan November, terima kasih atas undangannya," ucap Elon kepada Jokowi.

Selama kurang lebih 1 jam, Jokowi bertemu dengan orang terkaya di dunia itu. Selain berdiskusi, Presiden diajak berkeliling melihat fasilitas produksi Space X.

Jokowi mengatakan kunjungannya ke Boca Chica dilakukan setelah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berbicara dengan Elon beberapa waktu lalu.

"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," ucapnya.

Baca juga: Lirik Nikel, Elon Musk Kirim Timnya ke Indonesia

Sebelumnya, Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengatakan bahwa Elon Musk telah mengirimkan timnya ke Indonesia. Menurut Jodi, hal itu dilakukan setelah Luhut menawarkan nikel Indonesia ke Elon.

Hal tersebut untuk memenuhi bahan baku pengembangan kendaraan berbasis listrik atau electric vehicle (EV) yang menjadi produk andalan Tesla.

"Sebagai follow up, Tesla sudah mengirimkan enam orang tim dari Tesla yang berkunjung ke Indonesia dan melakukan pembahasan-pembahasan yang terkait," kata Jodi.

Baca juga: Kekayaan Elon Musk Hilang Rp 270 Triliun dalam Sehari, Ini Penyebabnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.