PLN Pasok Listrik Ramah Lingkungan untuk Penyelenggaraan Formula E Jakarta

Kompas.com - 15/05/2022, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) memasok listrik berbasis ramah lingkungan untuk mendukung penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E di Jakarta.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan mengatakan, dari daya listrik yang dibutuhkan dalam ajang balap mobil listrik tersebut sebesar 7 mega volt ampere (MVA).

"Melalui REC (renewable energy certificate), PLN memastikan energi yang digunakan berasal dari pembangkit listrik berbasis energi terbarukan yang diaudit oleh sistem tracking internasional, APX TIGRs yang berlokasi di California, Amerika Serikat," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (15/5/2022).

"Dengan begitu, penyelenggara Formula E dapat membuktikan eksistensinya dalam berkontribusi mengurangi emisi karbon dengan menggunakan energi yang berasal dari pembangkit EBT di Indonesia," sambung Doddy.

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 29 Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Doddy menyebutkan, total investasi untuk memenuhi kebutuhan listrik Formula E senilai Rp 7 miliar. Untuk mendukung ajang internasional tersebut, PLN telah mempersiapkan saluran kabel tegangan menengah yang telah digelar sepanjang 6,8 kilometer square.

Pembangunan gardu yang sudah mencapai 80 persen tersebut direncanakan selesai pada 25 Mei 2022.

Selain REC, PLN juga siap mendukung keandalan pasokan listrik selama penyelenggaraan Formula E, dengan menyiapkan pasokan listrik berlapis dengan cadangan dan di-backup UPS.

Hal ini sejalan dengan program Pemprov DKI yakni Jakarta Langit Biru, untuk mendukung terciptanya udara bersih di Jakarta. Target Jakarta menjadi kota nol emisi pada 2050, dimulai dengan transportasi bebas emisi, berkelanjutan dan sistem transportasi terintegrasi. 

"Kami siap mendukung penyelenggaraan Formula E dengan energi ramah lingkungan, bebas polusi dan suara dari produk energi terbarukan," ujarnya.

Baca juga: Waspada, Ada Pemeliharaan Jalan Tol Cipularang mulai Besok

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.