BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Luno

Tips Aman Berinvestasi Bitcoin di Platform Exchange

Kompas.com - 17/05/2022, 08:26 WIB

KOMPAS.com - Keberadaan aset kripto, seperti Bitcoin, kian menjadi magnet bagi para investor. Sebab, aset kripto berpotensi mengalami kenaikan nilai di masa depan.

Maka tak heran, Bitcoin saat ini dijadikan sebagai pilihan aset investasi untuk dana pensiun atau membeli rumah.

Investasi Bitcoin bisa dilakukan melalui platform exchange. Platform exchange sendiri adalah tempat untuk melakukan pembelian, penjualan, penyimpanan, dan penukaran aset kripto.

Bagi Anda yang tertarik berinvestasi melalui platform exchange, berikut tips daftar akun Bitcoin agar aktivitas investasi lebih terjamin.

1. Lakukan riset

Riset perlu dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk mendaftar pada sebuah layanan platform exchange.

Hal tersebut bertujuan agar Anda terhindar dari berbagai dampak yang tak diinginkan. Utamanya, terkait legalitas.

Perlu diketahui, platform exchange yang beroperasi di Indonesia harus terdaftar dan memiliki izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Selain itu, pastikan platform tersebut dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis, yakni autentikasi dua faktor (2FA).

Tak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa platform yang akan dipilih tidak memiliki riwayat kebocoran data. Hal ini penting dilakukan agar transaksi dan aset yang Anda simpan dapat terlindungi dengan baik.

2. Jaga kerahasiaan data

Saat melakukan registrasi pada platform exchange, Anda akan diminta untuk mengisi data diri, seperti alamat e-mail, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan password.

Agar keamanan akun tetap terjaga sekaligus menghindari tindak penipuan, Anda tidak boleh membagikan informasi tersebut kepada siapapun, termasuk pihak yang mengatasnamakan platform exchange.

3. Pilih metode pembayaran yang cocok

Setiap platform exchange dilengkapi dengan berbagai macam metode pembayaran, mulai dari rekening bank, kartu kredit, hingga e-wallet.

Adapun metode pembayaran tersebut digunakan untuk pengisian saldo atau dana setoran agar Anda dapat memulai aktivitas investasi Bitcoin.

Sebaiknya gunakan metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi Anda agar lebih nyaman dalam berinvestasi.

Setelah menghubungkan metode pembayaran dengan platform exchange, Anda bisa mengaktifkan dompet kripto yang tersedia di platform exchange tersebut.

Untuk diketahui, dompet kripto adalah tempat untuk melakukan penyimpanan dan penukaran Bitcoin.

4. Jangan asal pilih platform exchange

Setelah menyelesaikan pengaturan Dompet dan metode pembayaran, Anda bisa langsung menyetor uang yang akan menjadi modal awal untuk membeli Bitcoin.

Bila investasi Bitcoin sudah mencapai jumlah tertentu, Anda bisa menjual atau menukarnya dengan mata uang rupiah. Kemudian, hasil dari penjualan tersebut bisa langsung Anda masukkan ke dalam rekening bank yang dimiliki.

Namun, pastikan Anda melakukan transaksi tersebut melalui platform exchange terpercaya yang dilengkapi dengan berbagai fitur investasi. Salah satunya, Luno Indonesia.

Di Luno, Anda dapat membeli, menjual, menyimpan, serta melakukan transaksi aset kripto secara mudah dan aman.

Selain Bitcoin, Luno juga menyediakan aset kripto lain dengan performa dan reputasi baik, seperti Ethereum, Ripple, serta USD Coin.

Tak hanya itu, Luno juga membebankan biaya transaksi yang cukup murah, yakni mulai dari Rp 25.000.

Tunggu apa lagi? Segera lakukan pendaftaran dan berinvestasi aset kripto melalui Luno Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Luno Indonesia, silakan kunjungi tautan berikut.

Catatan: Investasi aset kripto seperti Bitcoin bisa memberikan keuntungan tinggi, tetapi juga dapat membuat Anda kehilangan dana. Mohon pertimbangkan risiko sebelum berinvestasi dan selalu pelajari mengenai investasi tersebut.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.