Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2022, 09:37 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa (17/5/2022). Demikian juga dengan mata uang garuda yang menguat pada perdagangan pasar spot.

Melansir data RTI, pukul 09.06 WIB, IHSG berada pada level 6.602,46 atau naik 4,46 poin (0,07 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 6.597,99.

Sebanyak 62 saham melaju di zona hijau dan 242 saham di zona merah. Sedangkan 181 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 1,2 triliun dengan volume 2,02 miliar saham.

Baca juga: IHSG Bakal Menguat Hari Ini, Simak Rekomendasi Sahamnya

Bursa Asia hijau dengan kenaikan Nikkei 0,4 persen, Strait Times 0,5 persen, Hang Seng Hong Kong 1,8 persen, dan Shanghai Komposit 0,01 persen.

Wall Street pada penutupan pagi ini mayoritas merah dengan penurunan S&P 500 sebesar 0,3 persen, dan Nasdaq Komposit 1,2 persen. Sementara itu, Dow Jones Industrial Average (DJIA) menguat 0,08 persen.

Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan, secara teknikal candlestick membentuk doji mengindikasikan pelemahan mulai terbatas sehingg ada potensi rebound.

“IHSG diprediksi Menguat. Dalam jangka menengah pergerakan masih akan berada dalam trend bearish kuat sehingga perlu diwaspadai. Pergerakan akan didorong pembagian dividen dan rilis kinerja emiten kuartal I tahun 2022,” kata Dennies dalam rekomendasinya.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini menguat. Melansir Bloomberg, pukul 09.06 WIB rupiah bergerak pada level Rp 14.632 per dollar AS, atau naik 64 poin (0,44 persen) dibanding penutupan sebelumnya di level Rp 14.696 per dollar AS.

Pengamat pasar uang Ariston Tjendra mengatakan, pagi ini harga aset berisiko di sesi Asia kelihatan positif. Indeks saham Asia bergerak positif.

"Sebagian nilai tukar emerging markets juga bergerak menguat terhadap dollar AS. Ini mungkin bisa menahan pelemahan rupiah," kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston memprediksi rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.550 per dollar AS sampai dengan Rp 14.650 per dollar AS.

Baca juga: Wall Street Mayoritas Merah, Saham Twitter dan Tesla Rontok

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com