Nasabah AJB Bumiputera Minta BPA Utamakan Pembayaran Klaim Pemegang Polis

Kompas.com - 17/05/2022, 14:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 yang tergabung dalam Persatuan Korban Bumiputera 1912 Indonesia (PKBI) mengatakan, Badan Perwakilan Anggota (BPA) yang akan diumumkan nanti harus dapat menjalankan tugasnya dengan amanah.

Ketua PKBI Ahmad Suriadi berharap, BPA terpilih juga dapat segera menyelesaikan karut-marutnya AJB Bumiputera.

"Tentunya mengutamakan pembayaran klaim para nasabah pemegang polis, termasuk juga melakukan penyelamatan karyawan dan agen. Jika ada BPA yang tidak memiliki integritas dan tidak amanah, kami akan membuat mosi tidak percaya," kata dia kepada Kompas.com, Selasa (17/5/2022).

Baca juga: Walau BPA Diumumkan, Nasabah AJB Bumiputera akan Tetap Lakukan Aksi 3 Hari

Ia menjelaskan, pemberitahuan hasil fit and proper test memang sudah ada sejak hari Jumat 13 Mei 2022. Namun, informasi tersebut hanya dapat diakses oleh direksi AJB Bumiputera.

Pada hari yang sama, ia mengatakan Direktur SDM AJB Bumiputera Dena Chaaerudin telah menandatangani surat perihal pemberitahuan hasil penilaian kemampuan dan kepatutan bagi calon pengendali perusahaan perasuransian jiwa bersama Bumiputera 1912.

Berdasarkan keterangan dia, surat tersebut telah disampaikan ke calon BPA pada hari Sabtu, 14 Mei 2022.

"Informasinya diumumkannya hasil kelulusan BPA tersebut memang akan diberitahukan ke media cetak dalam minggu ini, kemungkinan hari ini Selasa 17 Mei 2022," ungkap dia.

Baca juga: Hasil Fit and Proper Test BPA AJB Bumiputera 1912 Diumumkan Hari Ini?

Adapun, dengan segera diumumkannya hasil fit and proper test ini, pihaknya untuk sementara tidak akan melakukan aksi pada tanggal 23-25 Mei 2022. Namun, pihaknya berniat melakukan aksi ke Kejaksaan Tinggi agar pengaduan PKBI segera mendapatkan respons.

Sebelumnya, PKBI telah mengirimkan surat pada tanggal 22 Maret 2022 untuk meminta Otoritas Jasa Keuangan mengumumkan hasil dari fit and porper test sebelum tanggal 14 Mei 2022.

"Jika sampai tanggal 14 Mei 2022 tidak diumumkan, maka PKBI akan mengadakan aksi serentak seluruh Indonesia ke OJK dan ke Kejaksaan tinggi untuk segera menindaklanjuti Pengaduan PKBI," terang dia.

Baca juga: Kecewa, Korban AJB Bumiputera 1912 Ancam Lapor Polisi hingga Gelar Demo

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.