Siap Adopsi Metaverse, JakLingko Gandeng WIR Group

Kompas.com - 17/05/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT JakLingko Indonesia bakal melakukan inovasi digital di sektor transportasi dengan mengembangkan bisnis ke dalam ekosistem metaverse. Hal ini dilakukan dengan menggandeng PT WIR Asia Tbk (WIR Group), perusahaan teknologi berbasis augmented reality (AR).

Adapun metaverse merupakan platform berbasiskan teknologi AR, VR, dan AI yang mampu mewujudkan interaksi di dunia virtual yang unik, selayaknya urban lifestyle di kehidupan nyata.

Kerja sama keduanya pun ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin dan Komisaris Utama sekaligus Co-Founder WIR Group.

Baca juga: Luncurkan Program MigorRakyat, Mendag: Ini Bentuk Kepedulian Pengusaha untuk Rakyat

Kamaluddin mengatakan, kerja sama ini bertujuan menghadirkan layanan transportasi publik yang modern dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi.

Menurutnya, inovasi ini memungkinkan pengguna transportasi umum di ibukota dan sekitarnya merasakan pengalaman baru dalam menggunakan moda transportasi terpadu.

“Platform metaverse akan menjadi terobosan inovatif bagi industri transportasi, melalui platform ini, para pengguna akan lebih merasakan pengalaman yang unik dan seru," ujarnya dalam acara penandatanganan MoU di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Kamaluddin mengungkapkan, bagi JakLingko, bergabung dengan mengintegrasikan platform metaverse merupakan bagian dari tantangan menjawab masa depan dunia digital agar bisa menghadirkan layanan moda transportasi modern yang akan mensejajarkan Jakarta dengan kota-kota besar lain di dunia.

Ia bilang, seiring dengan terbangunnya moda transportasi publik modern yang kian terintegrasi serta tingginya percepatan masyarakat, maka tentunya harus diiringi dengan layanan transportasi yang maksimal.

Baca juga: Sun Life Indonesia Bayar Klaim Rp 498,7 Miliar Sepanjang 2021

“Kami yakin hadirnya JakLingko di metaverse dapat memberikan excellent service kepada masyarakat pengguna moda transportasi serta menjadikan kami lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan dalam bidang transportasi Jakarta di masa depan," kata dia.

"Kami berharap teknologi metaverse akan mendukung Jaklingko selalu adaptif dan tanggap terhadap setiap perubahan teknologi di era digital saat ini, serta terus melakukan penyempurnaan dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” lanjut Kamaluddin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.