Wilmar Bantah PT Citra Riau yang Hentikan Pembelian TBS Bagian Perusahaannya

Kompas.com - 17/05/2022, 16:35 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Wilmar membantah bahwa PT Citra Riau Sarana di Kuantan Singingi, Riau yang menghentikan pembelian tandan buah segar (TBS) dari petani bukanlah bagian dari Wilmar.

Plantation Head Wilmar Simon Siburat mengaku, hingga saat ini Wilmar dan pabrik kelapa sawit (PKS)-nya tetap menerima pasokan dari petani, baik plasma, inti, maupun masyarakat.

"Perlu kami sampaikan bahwa PT Citra Riau Sarana di Kuantan Singingi, Riau bukanlah bagian dari Wilmar. Hingga saat ini kami dan pabrik kelapa sawit (PKS) Wilmar tetap menerima pasokan dari petani, baik plasma, inti, maupun masyarakat," ujarnya dalam keteranganya kepada Kompas.com, Selasa (17/5/2022).

Baca juga: Petani Sawit Curhat Harga TBS Masih Dimainkan

Simon menuturkan, perusahaannya sangat menghargai petani sebagai salah satu sumber pemasok utama kelapa sawit.

Oleh sebab itu kata dia, pihaknya juga membeli TBS dengan harga sesuai dengan aturan yang berlaku.

Diketahui sebelumnya, Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) mengeluhkan adanya permainan harga TBS di tingkat petani alias tidak sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah.

Baca juga: Banyak Pelaku Usaha Beli TBS Kelapa Sawit di Bawah Harga Standar, Petani Tandan Merugi

Sekretaris Jendral SPKS, Mansuetus Darto mengatakan, pihaknya menduga penetapan harga TBS kelapa sawit saat ini tidak lagi merujuk pada harga internasional yang sebelumnya berlaku, melainkan yang berlaku adalah harga nasional.

"Dugaan ini tidak lepas dari fakta sebelumnya bahwa pabrik kelapa sawit tidak mematuhi harga yang ditetapkan oleh Pemerintah," ujar Mansuetus Darto lewat keterangan resminya, Jumat (13/5/2022)

Darto juga mengungkapkan, petani kelapa sawit di Kabupaten Kuantan Singingi juga menjerit. Pasalnya, perusahaan Wilmar melalui anak perusahaannya PT Citra yang memiliki 3 PKS sampai dengan saat ini masih tutup.

Darto juga mengungkapkan, petani kelapa sawit di Kabupaten Kuantan Singingi juga menjerit. Pasalnya, perusahaan Wilmar melalui anak perusahaannya PT Citra yang memiliki 3 PKS sampai dengan saat ini masih tutup.

Baca juga: Larangan Ekspor CPO Dimulai, Harga TBS Merosot Tajam

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.