Lion Parcel Ungkap Tantangan Industri Logistik Selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 17/05/2022, 16:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Lion Parcel Farian Kirana mengungkapkan tantangan yang dihadapi perusahaan selama pandemi Covid-19 yaitu terbatasnya jumlah penerbangan. Hal itu membuat pengiriman barang perusahaan yang bergerak di industri logistik udara itu tersendat.

Seperti diketahui, Lion Parcel mengirimkan barang pelanggan dengan mengandalkan pesawat-pesawat yang mengangkut penumpang.

"Dua tahun belakangan, 2020-2021, itu sangat challenging karena flight-nya itu dibatasi," ujar Farian Kirana di Hotel Des Indes, Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Baca juga: Ini Aplikasi untuk Membeli Minyak Goreng Rakyat Rp 14.000 Per Liter

Dia melanjutkan, karena pembatasan pesawat pada periode peak season, pengiriman barang selama Ramadhan dan Lebaran 2020 dan 2021 tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, Farian mengatakan perusahaan dan UMKM mitra juga terdampak pandemi Covid-19 sehingga jumlah pengiriman yang masuk berkurang.

Oleh karena itu, Lion Parcel membuka jalur pengiriman via darat agar tetap dapat mengirimkan barang dengan lancar tanpa bertumpu pada penerbangan yang saat itu jumlahnya sedikit.

"Pengiriman pakai udara terlalu banyak masalah, kami akhirnya bergerak dan masuk ke darat. Kami bikin armada darat kami," ucapnya.

Setelah dua tahun menggunakan armada darat, ternyata Lion Parcel menemukan pengiriman melalui darat memiliki potensi yang bagus ke depannya sehingga armada darat ini dipertahankan hingga kini.

Baca juga: Kami Minta Pertolongan Presiden Jokowi Selesaikan Kasus Gagal Bayar AJB Bumiputera

Dengan demikian, kini Lion Parcel melayani pengiriman barang melalui jalur udara dan darat.

"Kalau dulu armada darat kami bilang hanya sebagai sementara semasa krisis ini tapi kami lihat ternyata secara harganya bisa bikin lebih bagus dan secara kecepatannya juga masih oke. Jadi kami lanjutkan terus," jelasnya.

Kini pemerintah sudah tidak membatasi penerbangan lagi sehingga industri logistik seperti Lion Parcel, mulai pulih dengan berbekal inovasi baru seperti armada darat.

Dia yakin pengiriman barang melalui udara dan darat dapat melayani pelanggan di masa peak season mendatang, meskipun pada Ramadhan tahun ini armada darat justru sempat mengalami kendala keterlambatan.

"Semua flight hidup dan penumpangnya juga banyak. Malah terkadang antrenya itu lebih panjang. Jadi kalau kita lihat in the good direction pengiriman itu jadi lebih lancar melalui udaranya. Lucunya kali ini yang terhambat malah di darat," tutur dia.

Baca juga: Pemerintah Gulirkan Program Migor Rakyat Rp 14.000, Ini Tujuannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.