Stafsus Bantah Erick Thohir Kampanye Saat Turun ke Lapangan

Kompas.com - 17/05/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga buka suara terkait anggapan banyak pihak yang menilai Menteri BUMN Erick Thohir mencuri-curi kesempatan berkampanye.

Mulai dari munculnya baliho terkait dukungan Erick menjadi presiden, kunjungan ke pondok pesantren, hingga kunjungan ke daerah-daerah.

Menurut Arya, kegiatan yang dilakukan Erick merupakan bagian dari pekerjaan utamanya, di mana program BUMN-BUMN yang disiapkan juga mencakup masyarakat kelas bawah.

Oleh sebab itu, ia menekankan, Erick tak pernah melakukan kampanye.

"Yang pasti Pak Erick itu enggak ada kampanye, kita kan kerja terus. Ada banyak perusahaan-perusahaannya (BUMN) yang menangani persoalan rakyat, mau enggak mau, semua BUMN yang berhubungan sama ekonomi rakyat itu jadi penting," ujarnya saat berdiskusi dengan media di Sarinah, Jakarta, Rabu (17/5/2022).

Baca juga: Prediksi Erick Thohir: RI Jadi Negara Ekonomi Terbesar Keempat di 2045

Ia mencontohkan, seperti program yang dijalankan Holding Ultra Mikro yaitu Mekaar, program yang bisa membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat kelas bawah. Kemudian, ada juga program yang mencakup pengembangan UMKM.

"Kerjaan-kerjaan ini yang buat dia (Erick) sering turun ke bawah, masalah UMKM karena lewat Program PaDi UMKM itu selama dua tahun itu BUMN beli ke UMKM Rp 20 triliun dari 2021. Ini yang buat beliau turun banyak ke UMKM karena ingin memastikan bahwa ini penting sekali, makanya turun ke bawah," jelas Arya.

Baca juga: Wacana Pertamax Naik, Stafsus Erick Thohir: Kita Tunggu Saja 1 April

Menurutnya, kegiatan Erick yang banyak turun ke lapangan juga sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa para menteri tidak boleh hanya bekerja di kantor saja.

Arya pun mengklaim, kinerja para perusahaan pelat merah juga banyak meningkat sejak Kementerian BUMN dipegang Erick. Mulai dari membentuk Bank Syariah Indonesia, melakukan merger di tubuh Pelindo, hingga membuat Krakatau Steel dan PTPN yang rugi menjadi untung.

"Yang pasti transformasi BUMN berhasil sampai saat ini, karena berhasil jadi enggak perlu dipertanyakan kinerjanya, hampir semua berhasil," kata dia.

Baca juga: Erick Thohir: BUMN Perlu Gandeng Pesantren untuk Tingkatkan Ekosistem Pangan

Terkait kritik mengenai baliho juga munculnya foto Erick di mesin-mesin ATM, Arya mengaku tak mau ambil pusing. Menurut dia, foto tak akan berpengaruh terhadap peningkatan elektabilitas.

"Itu biarin saja lah. Kan dibilang banyak foto-foto, foto-foto itu juga sudah lama di ATM. Memangnya bikin foto-foto bisa naikin elektabilitas? Banyak foto tidak menjamin elektabilitas. Jadi Pak Erick itu fokus kerja saja," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.